UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 SUMBAWA

Authors

  • Ade intan Putri Ardini Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Mustari PPKn FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14165

Keywords:

Teacher Efforts, Pancasila and Citizenship Education, Student Learning Outcomes.

Abstract

ABSTRACT This study aims to find out the efforts and challenges that Pancasila and Citizenship Education teachers have gone through in class X of MAN 1 Sumbawa in an effort to improve student learning outcomes. This type of qualitative descriptive research uses observation and interview methods, which were conducted from July to August 2023. The results of the research explain that the efforts made by the teacher to improve student learning outcomes are carried out in the process of lesson planning, implementation of learning and evaluation by explaining the objectives of learning material according to RPP, Creating a conducive and pleasant learning atmosphere, Providing rewards and sanctions, Providing assessments to students, commenting on student work and creating positive competition and cooperation so that students compete to get good grades and results in Civics lessons. Meanwhile, the obstacles faced by the teacher were the lack of students' interest in civics lessons, the class atmosphere was not conducive, students considered learning difficult, the influence of peers and the lack of parental control.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Aprianti, Mutia. 2015. Peranan Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Makassar. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Renata Cipta.

Baswori. 2012. Mengenal Model Pembelajaran.: Surabaya : Jenggala Pustaka Utama.

Damayanti, Yashinta. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Depdikbud. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Depdikbud. Jakarta.

Dimayani dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djali. 2008. Psikologis Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fudyartanta. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta Global Pustaka Utama.

Hadi, Sutrisno. 2007. Metodologi Researh. Yogyakarta : Penerbit Andi. Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamzah B, Uno. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara.

http://bernandohutajulu.blogspot.com/2012/10/pengertian-penilaian- kognitifafektif.html, diakses pada tanggal 10 Juni 2023 pukul 20.25 WITA.

http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/196406061990031- MUSLIM/BAHAN_AJAR MINGGU_KE_3 TAKSONOMI_BLOOM.p df, diakses pada tanggal 10 Juni 2023 pukul 20.15 WITA.

Jhon M. Echols dan Hasan Shadily. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Jihad, Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Atmaka, Dri. 2004. Tips Menjadi Guru Kreatif. Bandung: Yrama Widya.

Kaelan. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta. Paradigma. Khanifatul. 2012. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Kurniawansyah, Edy. dkk. 2023. Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8 No. 2 (2023): Mei. Mataram : Universitas Mataram.

Maleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Misrawati. 2017. Pengaruh Pemberian Komentar Pada Ulangan Harian Siswa Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCHILD Vol. 6 No. 1 Tahun 2017.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohammad. dkk. 2022. Penerapan Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII-D Di SMPN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7 No. 3c (2022): September. Mataram : Universitas Mataram.

Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Junal Ittihad, Vol. 1, No. 2, 185-195.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Permendiknas RI. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.http:// www. Dikmenum. go.id/dataapp/ kurikulum/1/ kumpulanpermenper mendiknas/no/22 /thn/06/SI.doc; Diakses tanggal 20 Oktober 2022 pukul 09.32 WITA.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raymond J.Wlodkowski, Judith H.Jaynes. 2004. Hasrat untuk Belajar. Jakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Riyadi. 2002. Perencanaan Pembangunan Daerah Strategi Pengendaki Potensi dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Penerbit Pusat Pengkajian Kebijakan Pengembangan Wilayah dan Penerapan Teknologi. Jakarta.

Rosma Hartiny Sam‟s. 2010. Model PTK Teknik Bermain Konstruktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras.

Rusdianawati, Rini. 2020. Peran Guru PAI dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta.

Russefendi. 2009. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Proyek Pembinaan Tenaga Kerja Kependidikan Pendidikan Tinggi. Tarsito. Bandung.

Saifuddin. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Samsuri. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas VIII SMP. Jakarta : Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, (2014). Interaksi dan meningkatkan hasil mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Slamet. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto. 2002. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suhardono. 1994. Teori Peran : Konsep, Derivasi dan Implikasinya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sumardi, Lalu. dkk. 2023. Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8 No. 1 (2023): Februari. Mataram : Universitas Mataram.

Supardi. 2003. Sekolah Efektif Konsep dasar Dan Prinsipnya, Cet.I: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yanuar. 2012. Jenis-jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD. Jogjakarta: Diva Press

Suparlan. 2010. Pendidikan Karakter Sedemikian dan Pengertian Guru dalam Suparlan. Jakarta : PT. Wahyumedia.

Suprijono, Agus . 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta : Grafindo Persada. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarata: PT. Raja Grafindo.

Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang : Media Campus Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Citra Umbara.

Uno, Hamzah. B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Wijaya. 2013. Upaya Pembeharuan dalam Pendidikan dan Pembaharuan Pengajaran. Bandung : Rineka Cipta

Yuliatin. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. VOL. 5 NO. 1 (2018). Mataram : Universitas Mataram.

Zaenal Arifin. 1999. Evaluasi Instruksional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Zamroni. 2019. Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thingking. Depdiknas.

Zubair, Muhammad. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Time Token Arends Berbantuan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI SMKN 4 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. VOL. 6 NO. 1 (2019). Mataram : Universitas Mataram.

Downloads

Published

2024-06-08

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2