UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 2 MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14153Keywords:
Metode SQ3R, Hasil Belajar, TematikAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS karena teks bacaan yang kompleks. Penelitian ini sebagai Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan metode SQ3R. Berfokus pada Tema 7 Subtema 2 muatan IPS dengan materi pokok Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 01 Taman dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 13 siswa (49%) dengan nilai rata-rata 69,81. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 16 siswa (59%) dengan nilai rata-rata 75,37. Pada siklus III sudah mencapai kriteria yaitu ada 22 siswa (81%) yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 77,77. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada tema 7 subtema 2 muatan IPS materi pokok Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan.Downloads
References
Agusalim, S. R., Sayidiman, & Nurhaedah. (2023). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Takalar. Journal Of Education, 3(1), 201–211.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Hardini, H., & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu. Familia.
Hasanah, U. (2024). Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Mengenal Negara ASEAN Kelas VI SDN Sumberdanti 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) , 3(1). 142–146.
Husamah. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik. CV. AE. Media Grafika.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pranadamedia Group.
Syamsiah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indoneisa Di SD Kelas Tinggi. CV. AE Media Grafika.
Trianto. (2011). Meneliti di Kelas: Panduan Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Kemmis dan McTaggart. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wahab, A. Y. L. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.