UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SDN 01 TAMAN PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 MATERI IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14190Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Metode EksperimenAbstract
ABSTRACT This research aims to document and analyze efforts to improve the learning outcomes of class VB students at SDN 01 Taman on science material, especially in Theme 7 Subtheme 2, through the application of experimental methods. The research uses a qualitative approach with a focus on achieving student learning completeness during three learning cycles. Data is collected through observation, interviews and documentation during each learning cycle. Analysis was carried out by comparing students' learning achievement in each cycle, namely pre-cycle (59%), cycle 1 (78%), cycle 2 (85%), and cycle 3 (96%). This research highlights the importance of applying experimental methods in science learning to improve student learning outcomes. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB di SDN 01 Taman pada materi IPA, khususnya dalam Tema 7 Subtema 2, melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada pencapaian ketuntasan belajar siswa selama tiga siklus pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama setiap siklus pembelajaran. Analisis dilakukan dengan membandingkan pencapaian ketuntasan belajar siswa di setiap siklus, yaitu pra siklus (59%), siklus 1 (78%), siklus 2 (85%), dan siklus 3 (96%). Penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Bela, U. (2023). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 53 BATURAJA OKU SUMATERA SELATAN [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/31101/
Djamarah;, S. B. (2008). Psikologi belajar edisi Revisi / Syaiful Bahri Djamarah (Jakarta). Rineka Cipta. //www.pustaka.iaincurup.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D10658%26keywords%3D
ENTIKASARI, N., ERVIANA, L., & SETYOWATI, E. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD NEGERI 3 GEMAHARJO [Other, STKIP PGRI PACITAN]. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1546/
Fauziah, F. (2022). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 9(2), 255–264. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v10i2.6350
Mahmudah, H. M., Kusumaningsih, W., & Suciana, F. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III TEMA 8 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SDN KARANGSARI 0.
Mutmainnah, H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 87. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.102887
Sabandini, A. A., Damayani, A. T., & Sari, K. K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Pembelajaran Ipas Melalui Metode Eksperimen Kelas Iv Sdn Pandean Lamper 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), Article 2.
Salsabila, A. N., Oktaviani, D., Syaputri, D., Hardana, S., & Azzahra, V. (2024). Pendidikan Sebagai Tugas Manusia dalam Perpektif Islam. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 3(1), Article 1.
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Wandini, R. R., Harahap, E. Y., Mutia, C. M., Adila, N. A., Amalia, A., & Sari, R. Y. (2022). Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. 4(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.