PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN CRT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GOTONG- ROTONG PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18356Keywords:
Application of the PBL learning model, CRT (Culturally Responsive Teaching) approach, learning outcomes, mutual cooperation.Abstract
Pembaharuan pendidikan menyebabkan peserta didik cenderung bosan dengan pembelajaran dengan metode ceramah. Peserta didik cenderung bosan dengan pembelajaran dengan terpaku pada buku cetak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi gotong royong di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada materi gotong royong di kelas V. Peserta didik dalam penelitian ini adalah subjek yaitu peserta didik kelas V Semester II SDN 02 Madiun Lor yang berjumlah 22 peserta didik. Hasil belajar peserta didik Kelas V Semester II SDN 02 Madiun Lor dengan menggunakan model pembelajaran PBL dalam penelitian ini menjadi objek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini hasil pada siklus II jumlah siswa meningkat menjadi 18 siswa atau 82% yang berhasil mencapai atau melampaui KKM sehingga dapat dikatakan tuntas. Sedangkan 4 siswa atau 18% belum mencapai KKM sehingga dapat dikatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan CRT sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD materi gotong royong.Downloads
References
Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845
Kusuma, J., No, B., Baru, P., Utara, P., & Pekalongan, K. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITS BELAJAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 Risqiyah, Santika Lya Diah Pramesti Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. In DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 1). www.e-journal.metrouniv.ac.id
Mandela, D., & Wijayanti, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Kelas 4 SDN Rejowinangun (Vol. 2, Issue 2).
Nur Azizia, R., Astuti, Y. T., & Sumarni, W. (n.d.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa VIIB SMP N 36 Semarang Menggunakan Model PBL dengan Pendekatan CRT.
Nur Fitriana, L. (n.d.). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN, MELALUI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN CRT.
Putu Suari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA A R T I C L E I N F O. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247.
Susanti, E., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS TINGGI (Issue 2).
Wulandari, A., Wibowo, E., Arifin, M., & Wibowo, D. E. (2022). PERGESERAN PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING (Vol. 1, Issue 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.