PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Septi Misliza Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13948

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Pembelajaran seni rupa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 orang terdiri dari 12 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian modul ajar siklus I memperoleh persentase 81,54% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas guru siklus I persentase 79,18% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas peserta didik siklus I persentase 78,66% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (A). Hasil belajar peserta didik siklus I hasil penilaian pengetahuan diperoleh dengan rata-rata 70,6 dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84,4 dengan kualifikasi baik (B). Hasil penilaian keterampilan diperoleh dengan rata-rata 71,99 dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,66 dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470.

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublist.

Mansurdin. (2020). Pembudayaan literrasi seni di SD. Yogyakarta: Deepublish.

Nasution, S. W. (2021). Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Mahesa Research Center, 1(1), 135–142. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Subyantoro. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaeful Millah, A., Arobiah, D., Selvia Febriani, E., & Ramdhani, E. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Syafrijal & Desyandri. (2019). Development of integrated thematic teaching materials with project based learning models in class iv of primary schools. International Journal Of Educational Dynamics, 1(2), 87-92.

Downloads

Published

2024-06-03