PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATERI MENGGAMBAR OBJEK TUMBUHAN DI KELAS V SD GUGUS 1 LUBUK KILANGAN PADANG

Authors

  • Fara Mulya Hidayah Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17495

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Model ADDIE

Abstract

pembelajaran. Sekarang ini perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat dan dianggap sangat penting bagi kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang Pendidikan. Namun, berdasarkan fakta di lapangan ditemukan beberapa sekolah masih menggunakan media pembelajaran yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 menggunakan model ADDIE pada materi menggambar objek tumbuhan di kelas V SD gugus 1 Lubuk kilangan padang yang valid dan praktis.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Setelah menganalisis kebutuhan di lapangan, peneliti merancang media pembelajaran interaktif yang kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Setelah media pembelajaran valid, media pembelajaran interaktif diimplementasikan dalam pembelajaran dan diuji praktikalitasnya .Uji coba produk dilakukan di SD Negeri 10 Bandar Buat, kemudian dilanjutkan dengan penelitian di SD Negeri 15 Koto Lalang.Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif dari validator ahli materi 90%, Validator ahli bahasa 93%, dan validator ahli media 92,30%. Dengan rata-rata hasil akhir validasi sebesar 91,76% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil kepraktisan dari angket respon guru di sekolah uji coba sebesar 91,66% dan di sekolah penelitian sebesar 95%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik di sekolah uji coba sebesar 94,2% dan di sekolah penelitian sebesar 96,93%. Dengan rata-rata hasil akhir uji praktikalitas sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajatran yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, N. A., Irwandi;, & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Internet dan Media Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pembelajaran Tematik Terpadu pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477–16483.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Perspektif Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 10–19.

Daryanti, D., Desyandri, D., & Fitria, Y. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 215–221.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33.

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

Hydayat, A., & Ariani, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15683–15688.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (n.d.). MODEL ADDIE UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN 3D. 516–525.

Leztiyani, I. (2021). Articulate Storyline; Interactive Teaching Tools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24–35.

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.

Mansurdin. (2020). Pembudayaan Literari Seni di SD. Yogyakarta: CV: BUDI UTAMA

https://books.google.co.id/books?id=WuUaEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=A6FO8QE7kf&dq=PEMBUDAYAAN%20LITERASI%20SENI%20DI%20SD&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=PEMBUDAYAAN%20LITERASI%20SENI%20DI%20SD&f=false

Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan

Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131.

https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.

Yunisrul, Y. (2017). Meningkatkan Keterampilan Teknik Kolase Dengan Bahan Limbah Di Sekolah Dasar Negeri 15 Lakuang Kota Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 44–56.

Downloads

Published

2024-09-12