PENERAPAN KEBIASAAN MORAL ACTION DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Hakiky Hakiky UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13734

Keywords:

Kata kunci: moral action, karakter, kebiasaan

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebiasaan pendidikan karakter moral action di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang Pembiasaan dan Pembinaan Karakter (PPK), guru, dan siswa SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter disiplin pada komponen moral action kebiasaan meliputi tiga aspek yaitu (1) Keteladanan, dengan cara memberikan contoh yang baik dalam hal kecintaan terhadap lingkungan dan sesama seperti menjaga kebersihan dan sopan santun kepada siapapun (2) Motivasi dengan memberi dukungan dan dorongan untuk konsisten melakukan perbuatan baik seperti selalu bersikap disiplin, jujur, peduli, dan mandiri (3) Reward, dengan memberikan sebuah hadiah atas pencapaian yang telah dicapai  seperti berhasil meraih nilai terbaik (4) Punishment, diberlakukan untuk mengajarkan anak menerima resiko sehingga dari terpaksa menjadi biasa, dan (5) Pembudayaan agama, menekankan pada nilai religiusitas seperti membiasakan sholat berjamaah, melaksanakan ibadah sunnah, dan amal kebaikan lain yang mendekatkan diri pada Tuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afivah, Z. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kedisiplinan Bagi Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Header, 1(1), 1–7.

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315.

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Arief, M. M., Hermina, D., & Huda, N. (2022). Teori Habit Perspektif Psikologi Dan Pendidikan Islam. Ri’ayah, Vol. 7, No. 01, Januari-Juni 2022, 07(01).

Cholifudin Zuhri, M. N. (2013). Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur`an Dalam Pembinaan Akhlak Di Smpn 8 Yogyakarta. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 11(1), 113. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i1.394

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Bangun Rekaprima, 03(2), 33–42. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.705

Ernawanto, Y., & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3398–3404.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter : Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Nurfachrizah, F., Pranoto, B. A., & Setiyoko, D. T. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V di SD Islam Pengabean Losari Brebes. Profesional Jurnal Pendidikan, 1(4), 62–70.

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan dan Perilaku Sosial Siswa (studi kasus di SDN 1 Windujanten). Lensa Pendas, 4, 36–46.

Nuriyatun, P. D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di SD Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(33), 3–174. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5113/4780

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206

Subawa, P., & Mahartini, K. T. (2020). Konsentris Paradigma Pendidikan Karakter Thomas Lickona Pada Sekolah. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 10(1), 54–75.

Subekti, H., & Alinurdin, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Perspektif Good Character di Sekolah Menengah Kejuruan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 114–131. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.31

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–66. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Yudianto, Y., & Fauziati, E. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 1(8), 840–847. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.170

Downloads

Published

2024-05-21

Most read articles by the same author(s)