PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA MTS BONTOCINDE KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13627Keywords:
Media Pembelajaran, Kahoot, Penguasaan KonsepAbstract
Penelitian Pengaruh Penggunaan Media Game Kahoot Terhadap Penguasaan Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa MTs Bontocinde Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap penguasan konsep teknologi informasi dan komunikasi siswa MTs Bontocinde Kabupaten Gowa. Sampel pada penelitian ini adalah 92 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest posttest control group design, dimana penelitian ini dilakukan dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai statistic, perbandingan kategori penguasaan konsep, dan perbandingan tingkat ketuntasan telah membuktikan terjadinya peningkatan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di MTs Bontocinde Kabupaten GowaDownloads
References
Andari, R. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot pada Pelajaran Fisika. Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137
Bahriah, E.S., Feronika, T., Suharto, H. 2020.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutainment Melalui Model Instructional Games Pada Materi Konfigurasi Elektron. Jurnal Riset Pendidikan Kimia 7(2): 132-143. Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Arus Kas Bebas (Free Cash Flow) Terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal Peta, 2, 1-21.
Chairunnisa, C. 2018. Manajemen Pendidikan: Dalam Multi Perspektif. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Hartanti, D. 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Revolusi Industri 4.0, 1 (1), 78-85.
Maswar, M. 2017. Analisis Statistik Deskriptif Nilai UAS Ekonomitrika Mahasiswa Dengan Program SPSS 23 & Eviews 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 237-292.
Nuraeni, E., Machmudi, D., & Hermansyah, T.(2018). Perbandingan Penggunaan Multimedia Secara Tutorial dan Presentasi Terhadap Penguasaan Konsep dan Proses Sains pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh. Jurnal Pendidikan, 13 (1), 13-22
Rofiyanti, F., & Yunita sari, A. 2017. Tik untuk PAUD. Penggunaan Platform Kahoot Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. PEDAGOGI. Jurnal: Anak Usia Dini,3(3b),170.
Sugiyono,2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RnD. Bandung: CV. Alfabeta.
Wohono, Romi Satria. 2019. Sistem E-Learning Berbasis Model Motivasi Komunitas. Jurnal Teknodik No.21/XI/Teknodik/Agustus/2019.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1,012006). IOP Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.