GERAKAN LITERASI BUDAYA DI MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24229Keywords:
budaya literasiAbstract
Globalisasi menyebabkan generasi muda Indonesia semakin meninggalkan budaya lokal, yang mengancam keberlangsungan seni dan budaya tradisional sebagai identitas bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya literasi budaya di masyarakat, mengeksplorasi upaya peningkatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan analisis terhadap berbagai literatur terkait literasi budaya, gerakan pelestarian budaya, serta dinamika sosial di era global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi budaya mencakup pemahaman, apresiasi, dan keterlibatan aktif dalam budaya lokal serta menjadi kunci dalam memperkuat identitas nasional. Upaya peningkatan literasi budaya dapat dilakukan melalui pendidikan formal, kegiatan komunitas berbasis budaya, dan pemanfaatan teknologi. Masyarakat juga dapat berperan aktif melalui berbagai kegiatan pelestarian budaya seperti pameran, festival budaya, dan pembelajaran lintas budaya. Namun, terdapat berbagai tantangan yang menghambat keberhasilan gerakan ini, di antaranya pengaruh globalisasi, penetrasi budaya asing, kurangnya kesadaran budaya, serta keterbatasan akses informasi yang akurat dan edukatif. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang komprehensif dan kolaboratif dari berbagai pihak agar literasi budaya dapat ditanamkan secara berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat.Downloads
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Semarang: CV.Pilar Nusantara. Asti Widiastuti, Farina Trias Alwasi, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Upaya Mempertahankan Kebudayaan Di Tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.192
Atikah, C. (2024). Penguatan kewargaan melalui literasi budaya: menjalin harmoni sosial di era digital. 09.
Falimu, Lamadang, K. P., Tampani, Y., Masita, E., Irianto, S., Khartiono, L. D., Pratama, F. F., Rayani, R., Magalhaes, A. D. J., Syamsijulianto, T., Sole, Y. Y. E., & Tahu, F. (2023). Literasi Budaya. xi-214 hlm. www.adpraglobalindo.my.id
Diu, A. R., Rahmat, A., & Duludu, U. A. (2022). Pelestarian bahasa daerah gorontalo dalam aktivitas belajar anak usia dini di desa lemito utara kecamatan Lemito. Student Journal of Community Education, 51-60.
Falimu, dkk. (2023). Literasi Budaya. Jawa Tengah: PT. Adikarya Pratama Globalindo.
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. Proceeding Umsurabaya, 1(1).
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Kemendikbudristek dan Komisi X DPR RI Berkolaborasi Membina Literasi Pada Generasi Muda.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/04/kemen dikbudristek-dan-komisi-x-dpr-ri berkolaborasi-membina-literasi-pada-generasi-muda
Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan: Cv. Ae Media Grafika.
Rahimah, R. (2025). Peran Literasi Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Kebangsaan. Literasiana, 3(01).
Rahmawati, A., Maryani, A. Y., & Iswatiningsih, D. (2025). Peningkatan Pemahaman Budaya Lokal Suku Dayak Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 27-38.
Widiastuti, Farina Trias Alwasi, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Upaya Mempertahankan Kebudayaan Di Tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 83–90. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.192
Zainabiyyi, S. Z. S. (2024). Implementasi literasi budaya dan kewargaan dalam membangun cinta tanah air siswa di SDN Sumbersari 2 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.