EFEKTIVITAS STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA KELAS V SDN 3 SINGKAWANG

Authors

  • Angela Lawira ISBI Singkawang
  • Mariyam Mariyam
  • Evinna Cinda Hendriana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13085

Keywords:

Strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, Kemampuan menyelesaikan soal HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ketercapaian ketuntasan hasil belajar berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran; 2) menganalisis ada atau tidaknya perbedaan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal HOTS antara kelompok eksperimen dan kontrol; 3) mendeskripsikan aktivitas selama proses pembelajaran dengan strategi Everyone is a Teacher Here. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Singkawang yang berjumlah 34 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari VA dan VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan teknik observasi langsung. Dengan Teknik analisis data One Sample T-Test, N-Gain, dan Uji Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketuntasan hasil belajar dilihat dari kemampuan menyelesaikan soal HOTS mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP=60) pada siswa kelas V SDN 3 Singkawang; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal HOTS antara kelas yang diterapkan strategi Everyone is a Teacher Here dengan kelas yang menerapkan strategi konvensional pada siswa kelas V SDN 3 Singkawang; 3) Aktivitas selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan strategi Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal HOTS pada siswa kelas V SDN 3.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Everyone is a Teacher Here terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Kelas V SDN Bangetayu Wetan 02. Disertasi. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Budiarta, K. dkk. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102-111.

Imaniar, R. D. & Hariani, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan melalui Strategi Everyone is a Teacher Here Siswa Kelas V SD. JPGSD, 7(7), 3731-3740.

Intan, F. M., Kuntarto, E. & Alirmansyah. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 6-10.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Paris: OECD Publishing

Rawung, I. Y. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif bagi Guru Sekolah Dasar di SD GKST II Poso Kota Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 49-55.

Saidiharjo. (2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Silberman, M. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: Permata Puri Media

Sudjana, N. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilawati, D. (2018). Tes & Pengukuran. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD dengan Menerapkan Strategi Everyone is a Teacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18-30

Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Dirasah, 3(2), 106-120

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2024-03-22