ANALISIS NILAI-NILAI SEJARAH KERATON SAMBAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 02 DALAM KAUM SAMBAS

Authors

  • Nandini Nandini ISBI Singkawang
  • Dodik Kariadi ISBI Singkawang
  • Evinna Cinda Hendriana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15790

Keywords:

Nilai-nilai Sejarah, Keraton Sambas, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai sejarah Keraton Sambas sebagai sumber belajar IPAS siswa di SDN 02 Dalam Kaum; (2) mengetahui Kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pembelajaraan IPAS mengenai sejarah Keraton Sambas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian Etnografi. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa SDN 02 Dalam Kaum Sambas. Sedangkan Objek pada penelitian ini adalah nilai-nilai sejarah Keraton Sambas sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Nilai-nilai sejarah Keraton Sambas yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPAS siswa di SDN 02 Dalam Kaum meliputi nilai sosial dan nilai budaya. 2) Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaraan IPAS adalah siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaraan, Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tidak tercantum tentang Sejarah Keraton Sambas pada mata pelajaran IPAS. Tidak menggunakan media pembelajaran, guru hanya mengaitkan cerita sejarah  di Indonesia dengan Sejarah Keraton Sambas, sehingga siswa masih belum mengetahui dan masih belum paham tentang sejarah Keraton Sambas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman. (2011). Penelitian Kesehatan. Bandung: PT Refika Aditama.

Juliyati, E. D. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme.

Nureva, A. G. C. (2018). Kontribusi Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakanalat Peraga Mini Zoo Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,5(1), 109-110.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sungkring. (2016). Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 69-80.

Tarhan, R.M. (2020). Perkembangan Pendidikan Formal Pada Masa Pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim Tsafiudin di Sambas Kalimantan Barat Tahun (1931–1943). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK AR-Raniry Press.

Yunus, R. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) Sebagai Penguat Karakter Bangsa: Studi Empiris Tentang Huyula Ed.1. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-09-25