PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPS KELAS V SDN 21 AMPENAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11879Keywords:
Media pembelajaran, Game Educandy, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran game educandy terhadap hasil belajar siswa dalam muatan IPS kelas V SDN 21 Ampenan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sample dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa dengan jumlah kelas kontrol 23 siswa dan kelas eksperimen 23 siswa. Dari hasil tes tulis yg telas peneliti lakukan terdapat nilai peserta didik pada kelas eksperimen terdapat nilai pre-test tertinggi 85 dan terendah 45 di post-test terdapat nilai tertinggi 100 dan terendah 50, Sementara di kelas kontrol nilai pre- test tertinggi 80 dan terendah 40 di post-test mendapatkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi diperoleh 0,000 yang berarti bahwa 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Jadi, artinya ada perbedaan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran game educandy terhadap hasil belajar dalam peserta didik.Downloads
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk peserta didik kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1),1-7
Parni, P. (2020). PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Cross-border, 3(2), 96-105
Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.