ANALISIS PENEREPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Irvan Abid Syaputra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ismatun Naila PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11606

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan, Penerapan, Sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis penerapan pendidikan lingkungan di Sekolah dasar Muhammadiyah 7 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di bulan Oktober hingga awal November 2023. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah 7 Surabaya, dengan subjek penelitiannya adalah 2 guru wali kelas dan 6 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles dan Huberman. Pendidikan lingkungan adalah bahan kajian dan materi tentang lingkungan hidup dalam konteks internalisasi secara langsung maupun tidak langsung dalam membentuk kepribadian mandiri serta pola tindak dan pola pikir siswa dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 7 Surabaya, bisa disimpulkan bahwa penerapan pendidikan lingkungan di SD Muhammadiyah 7 adalah tidak memiliki mata pelajaran khusus untuk pendidikan lingkungan. Namun, pendidikan lingkungan diintegrasikan ke dalam pelajaran umum. Ada juga yang berupa kegitan contohnya seperti melakukan piket kelas, kegiatan jumat bersih serta merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah, kemudian ada kelas alam. Tidak hanya kegiatan intrakurikuler saja melainkan juga kegiatan ekstrakurikuler seperti Hizbul Wathan. Beberapa program tersebut ialah hasil dari mengikuti program pemerintah kota Surabaya yaitu program SAS. Disisi lain, guru juga merasa kesusahan dalam menerapkan pendidikan lingkungan di kelas rendah. Kesusahan yang dirasakan ialah karena kelas rendah yang senantiasa perlu pembimbingan dan pendampingan. Selain itu, pembelajaran pendidikan lingkungan menjadi kurang terpusat dikarenakan pembelajaran pendidikan lingkungan masih terpengaruh oleh substansi dari materi-materi mata pelajaran inti. Kemudian kemampuan guru dalam mengajarkan pendidikan lingkungan juga cukup berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau . PEDAGOGIA, 98-108.

Alpusari, M. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10-17.

Asfar, I. T. (2019). ANALISIS NARATIF, ANALISIS KONTEN, DAN ANALISIS SEMIOTIK (Penelitian Kualitatif). 1-13.

Dahnial, I. (2020, Juni). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) UNTUK MENINGKATKAN KOMPTENSI GURU DI SD NEGERI SEKECAMATAN STABAT. pp. 81-90.

Fajrin, L. P. (2020). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI RAUDHATUL ATHFAL . JURNAL TUNAS SILIWANGI , 71-77.

Febrianzah, T. (2016, May). Repository Unja. Retrieved from Repository Unja: https://repository.unja.ac.id/32790/7/LAMPIRAN.pdf

Ferdyan, R. (2021). Model Pendidikan Lingkungan Hidup: Kegiatan Pembelajaran pada Siswa Sebagai Bagian dari Lingkungan di Era New Normal . Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , 51-61.

Fua, J. L. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NENGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI . Jurnal Al-Ta’dib , 164-181.

Handayani, T. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 95-105.

Jumadil, K. M. (2015). Penerapan Program Adiwiyata pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi, 115-125.

Larashanti, I. A. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar . Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan, 77-83.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri . Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 227-252.

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan , 110-126.

Naila, I. (2023). ANALISIS KEAKTIFAN SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 351-366.

Nurani, N. F. (2014). PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENUMBUHKAN WAWASAN DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN . Unnes Journal of Biology Education , 53-60.

Purwanti, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA . DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik , 14-20.

Putra, D. A. (2023). Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) .

Qomariyah. (2023). Implementasi Pendidikan yang Memerdekakan melalui Sekolahe Arek Suroboyo(SAS). NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU), 388-393.

Rahmani, N. F. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal . Jurnal Ilmiah Potensia, 12-24.

Rezkita, S. (2018). PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR . Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 327-331.

Sudarsono, B. (2017). MEMAHAMI DOKUMENTASI . Acarya Pustaka, 47-65.

Supadmini, N. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar .

Widiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. 181-186.

Downloads

Published

2024-01-03