POLA PENDIDKAN KARAKTER DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NASHRIYAH NW SEKUNYIT

Authors

  • Lia Mardiana Safitri Universitas Mataram
  • Hamidsyukrie ZM Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia
  • Masyhuri Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia
  • Suud Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11228

Keywords:

Character, Values, Pattern, Education

Abstract

  This research aims to describe the character that is formed and the educational pattern at the Nashriyah NW Sekunyit Islamic Boarding School. This research uses a qualitative approach with a case study method. The types of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques used: observation, interviews, and documentation. Then the data was analyzed using Milles and Huberman data analysis techniques. The results of this research show that there is a character that is formed and a pattern of education at the Nashriyah NW Sekunyit Islamic Boarding School. The characters formed are: religious, honest, tolerant, disciplined, hard working, creative, independent, democratic, curious, national spirit, love of the country, respect for achievements, friendly/communicative, love of peace, love of reading, care for the environment, social care, responsibility. Then the boarding school education pattern, namely: example pattern, habituation, advice, motivation and intimidation, stories.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113.

Budiono, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak dalam Alquran (Kajian Kisah Luqman). Miyah: Jurnal Studi Islam, 15(2), 313-336.

Dina, O. (2021). Komunikasi Persuasif Ibu Pada Anak Dalam Menanamkan Perilaku Beribadah (Studi Kasus Desa Simpang Agung Kec. Seputih Agung Lampung Tengah) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93.

Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 1(2).

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter: perspektif Islam. Bandung:

Makmun, H. A. R. (2014). Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo. Cendekia Vol., 12 (2).

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1).

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Qutni, D.(2021). Efektivitas Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi di Smp Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an). Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 103-116.

Rahmawati, A. S. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Kreatif Dan Kerja Keras Dalam Film The Boy Who Harnessed The Wind Dan Relevansinya Bagi Siswa Sd/Mi (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293-308.

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79-92.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61-71.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61-70

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82

Undang-Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. Diakses 18/01/22. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/113526/UU%2520Nomor%252018%2520Tahun%25202019.pdf&ved=2ahUKEwiVoZ3ylbiCAxUE4zgGHa9cAowQFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw17j4e5TsJHT9SKFLQIQzps

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310.

Downloads

Published

2023-12-03

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2