PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA TEMA “BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI”

Authors

  • Muh. Asharif Suleman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shinta Melia Khorini’mah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sholihah Ummi Nirmala Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Robiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Istiningsih Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10921

Keywords:

Penilaian, Psikomotorik, problem-based learning.

Abstract

Penilaian psikomotorik merupakan salah satu penilaian autentik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian psikomotorik yang dihimpun menjadi sebuah buku. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan mengacu pada Langkah-langkah 4D Thiagarajan yaitu define, design, development, dessimination. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil uji kelayakan pada ahli materi menunjukkan bahwa hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, pengembangan instrument penilaian psikomotorik tema 9 subtema 2 dan 3 untuk kelas V SD/MI sangat layak untuk digunakan dari sisi kesesuaian materi, konten, bahasa dan tujuan dengan skor 91%.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albar, S. B., & Southcott, J. E. (2021). Problem and project-based learning through an investigation lesson: Significant gains in creative thinking behaviour within the Australian foundation (preparatory) classroom. Thinking Skills and Creativity, 41, 100853. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100853

Aprianiwati, R., Susanti, T., & Nuraida, N. (2020). INSTRUMEN ASESMEN BAGI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i2.12089

Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). McGraw-Hill.

Haryanti, Y. D., Sapriya, S., & Pambudhi, T. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2272

Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16204

Hidayah, M. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA OUTDOOR PRACTICUM BIOLOGI SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.785

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All Problems are Not Equal: Implications for Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 2(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1080

Oktariana, K. D. C. (2022). DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR EFL TEACHERS IN 6TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. 09.

Saputri, N., Adlim, A., & Inda Rahmayani, R. F. (2018). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA DASAR. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 114–124. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.

Syamina, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). The Analysis Of Effect Size and The Effect of Teaching Materials Based on Problem Based Learning (PBL) on Students’ Competence. JURNAL TARBIYAH, 28(1), 16. https://doi.org/10.30829/tar.v28i1.897

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook [By] Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel [and] Melvyn I. Semmel. Council for Exceptional Children.

Wulan, & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-01-05