PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI KELAS TINGGI DI SDN GUGUS 1 PRINGGASELA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Lia Listiani Universitas Mataram
  • I Ketut Widiada Universitas Mataram
  • Husniati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10677

Keywords:

Pembelajaran E-Learning, Pelaksanaan, Bahasa Indonesia, Guru.

Abstract

Pembelajaran e-learning merupakan suatu proses belajar mengajar  dalam bidang pendidikan yang memanfaatkan akses internet untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran e-learning digunakan untuk mengantisipasi covid-19, saat berlangsungnya pembelajaran e-learning banyak ditemukan masalah yang dihadapi oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas tinggi di SDN Gugus 1 Pringgasela Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan  pendekatan deskripif kuantitatif dengan tahapan validasi data, editing data, pengkodean data. Subjek penelitian ini adalah 12  guru kelas tinggi di SDN Gugus 1 pringgasela. Teknik pengumpulan data  menggunakan angket berupa pernyataan dan dokumentasi berbentuk foto serta RPP. Analisis data menggunakan rumus persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembelajaran e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada tahap perencanaan pembelajaran e-learning memiliki kategori tinggi dengan persentase 58%. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran e-learning tergolong dalam kategori sedang persentase 75%.  Tahap evaluasi pembelajaran e-learning tergolong dalam kategori sedang persentase 58%. Sedangkan pada tahap sarana dan prasarana pembelajaran e-learning memiliki kategori sedang persentase 42%. Kesimpulannya secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi kelas tinggi di SDN gugus 1 Pringgasela mendapatkan  75%  dalam kategori sedang. Pembelajaran e-learning merupakan suatu proses belajar mengajar dalam bidang pendidikan yang memanfaatkan akses internet untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran e-learning digunakan untuk mengantisipasi covid-19, saat berlangsungnya pembelajaran e-learning banyak ditemukan masalah yang dihadapi oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas tinggi di SDN Gugus 1 Pringgasela Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripif kuantitatif dengan tahapan validasi data, editing data, pengkodean data. Subjek penelitian ini adalah 12 guru kelas tinggi di SDN Gugus 1 pringgasela. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa pernyataan dan dokumentasi berbentuk foto serta RPP. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembelajaran e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada tahap perencanaan pembelajaran e-learning memiliki kategori tinggi dengan persentase 58%. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran e-learning tergolong dalam kategori sedang persentase 75%. Tahap evaluasi pembelajaran e-learning tergolong dalam kategori sedang persentase 58%. Sedangkan pada tahap sarana dan prasarana pembelajaran e-learning memiliki kategori sedang persentase 42%. Kesimpulannya secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi kelas tinggi di SDN gugus 1 Pringgasela mendapatkan 75% dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Chairunnissa, C. 2017. Metode penelitian ilmiah. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ibrahim Buchori, dkk. 2023. Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Refrensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kurniawan dkk, 2022. Perencanaan Pembelajaran. (Sumatra Barat: Pt. Global Eksekutif Teknologi), cet.1

Margareta, S (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan Dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan. Skripsi. Ilmu Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resmini, N dkk. 2009. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Bandung: UPI Press).

Sartika, R. (2014). Standar sarana dan pra sarana di Madrasah MAS Al-Awashliyah Kp. Masjid. Journal Of Education,I (1). 18

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif,kualitatif dan R&D ( Bangung: Alfabeta, CV) cet. XVIII.

Yazid Mohammad, 2012. E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Maret.

Downloads

Published

2023-11-02

Most read articles by the same author(s)