PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SLIDE SHOW DAN SIMULATOR VERNIER CALIPER

Authors

  • M Teguh Saefuddin Teguh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Hendrayana Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rudi Haryadi Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10653

Keywords:

simulator, vernier caliper, smk

Abstract

Media Pembelajaran merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi kualitas pelaksanaan pemebelajaran. Media pembelajaran mencakup terkait informasi, materi pembelajaran yang disampaikan dan digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru Teknik Pemesinan dan 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai ahli uji untuk validasi media pembelajaran dan 38 peserta didik Kelas X TP 2 yang mengikuti proses pembelajaran pada topic alat ukur presisi vernier caliper di SMK Negeri 7 Pandeglang dengan program keahlian Teknik Pemesinan.Adapun data yang didapatkan dalam tahapan pre-test sebelum dilakukan pengembangan media pembelajaran ini memiliki rata-rata nilai sebesar 52,63 dengan median 40, sedangkan modus yang keluar adalah 40, nilai max 100 dan nilai minimal 40. Kemudian untuk tahapan post-test yang dilakukan setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran memiliki rata-rata nilai sebesar 88,3 dengan median 96,50 sedangkan modus yang keluar 100, nilai max 100 dan nilai minimal 40. Dilihat dari proses pengembangan media pembelajaran menaikan prestasi belajar yang dilihat dari nilai sebelumnya rata-rata 52,63 dan setelah menggunakan media pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 88,03.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. Y. (2018). MENERAPKAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR BAGI GURU DI SMA NEGERI 3 OGAN KOMERING ULU. Ducative.

Andi Rustandi, R. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. FASILKOM, 2.

Aris Tri Jaka Harjanta, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Transformatika.

Fitria Nur Hasanah, R. S. (2022). Pengembangan Modul Pemrograman Visual berbasis Project Based Learning. Edu Komputika Journal .

Khoirul Anafi, I. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model ADDIE Menggunakan Software UNITY 3D. Jurnal Education and Development, 4.

Yanto, D. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK.

Downloads

Published

2023-11-05