PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAPEL IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Authors

  • Sheptya Bunga Permatasari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Adi Winanto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10624

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu permasalahan pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD Gugus Sidik Wacana dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dibandingkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (eksperimen) dengan desain penelitian Quasi Eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Static Group Comparison. Awal sebelum mendapatkan perlakuan diberikan pretest dan diakhir setelah mendapatkan perlakuan diberikan posttest, hasilnya akan digunakan untuk menilai rubrik kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian berdasarkan uji T dengan menggunakan teknik Independent Sample T-Test yang diperoleh thitung sebesar 2.679 dengan menunjukan sig. (2-tailed) 0,010. Karena signifikan < 0,05 maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih efektif secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPAS kelas 4 di SD Gugus Sidik Wacana, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adim, M., Sri, E., Herawati, B., Nuraya, N., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.

Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 217. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12151

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19459

Nurhidayah, Yani, A., & Nurlina. (2015). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Makasar, 4(2), 160–174. 10.26618/jpf.v4i2.307.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5.pdf

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200

Sukariyadi, T. (2022). Manajem Kurikulum. Advanced Geography and Geographical Learning, 6(2), 113–116.

Syaifudin. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Umayah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Do Talk Record (Dtr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV MI/SD Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi.

Wardani, D. S. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 03(4), 104–117.

Downloads

Published

2023-11-02