PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK (FTB) PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18080Keywords:
Media Pembelajaran, Fun Thinkers Book (FTB), Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif yang berbentuk buku dan bingkai peraga yang bernama Fun Thinkers Book (FTB). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Fun Thinkers Book (FTB) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pada penelitian pengembangan ini diukur kelayakan medianya melalui ahli materi dan media. Hasil kelayakan materi sebesar 96% yang artinya materi di dalam media FTB termasuk kategori sangat baik dan kelayakan dari aspek media sebesar 90,9% yang artinya media FTB termasuk kategori sangat baik. Kemudian, keefektifan produk Fun Thinkers Book (FTB) ini menunjukan pada diperoleh hasil uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest yang signifikan, artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book (FTB) efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD.Downloads
References
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466
Fauziah, D. S., & Ninawati, M. (2023). Media Fun Thinkers Book Berbasis Kontekstual Materi Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.362
Hade, O. A., Helvina, M., & Yufrinalis, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas IV SDK 077 Kewapante. Journal on Education, 5(3), 6681–6687. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Sudhyatmika, I. K. W., Agustiana, I. G. A. T., & Gede Nugraha Sudarsana. (2022). Media Fun Thinkers Pada Materi Perubahan Energi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 200–208. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48118
Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 551–556.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.