PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25513Keywords:
Problem Based Learning, media kartu bergambar, keterampilan berpikir kritisAbstract
Abstrak: Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21. Keterampilan ini perlu dilatihkan sejak dini termasuk kepada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kartu bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa sekolah dasar kelas V SD negeri Karangtengah 01. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Soal tes uraian digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan media kartu bergambar secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan siswa yang masuk dalam sangat kritis dan kritis yaitu berjumlah 5 siswa atau 20%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kategori sangat kritis dan kritis menjadi 14 siswa dengan persentase 56%. Setelah diberikan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa dengan kriteria sangat kritis dan kritis menjadi 23 dengan persentase 92%. Model Problem Based Learning dan media kartu bergambar memotivasi siswa untuk belajar dan berpikir kritis serta membantu mereka memahami konsep melalui visualisasi yang menarik.Downloads
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Darmawan. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Implementasi. Widina Bhakti Persada Bandung.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA : Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 1(12), 63–64.
Kartikasari, I., Nugroho, A., & Muslim, A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 44–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 5, Issue 1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana Adrianus. (2020). Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 16–31. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Development, 1, 238–293. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Ramadanti, E., Arifin, Z., Sultan, U., & Riau, S. K. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Sinurat. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. CV Widina Media Utama.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 2(5), 23–24.
Yosiva, A., Hendrawan, B., & Suci Pratiwi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (Papin) Dan Katalog Ajaib (KAJIB) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 2, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.