PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT LEARNING BERBASIS HOTS PADA SEKOLAH DASAR DI DAERAH LAHAN BASAH KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Radiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Raihanah Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ni'mah Azizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Prima Mega Puspita Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zefri Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Alat Evaluasi, HOTS, Project Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan seperti communication, collaboration, critical thinking and problem solving dan creativity and innovation.  Keterampilan tersebut berada dalam tahapan berpikir tingkat tinggi atau yang biasa kita sebut HOTS. Seperti halnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas juga sama penting dalam pembelajaran di sekolah. Alat evaluasi yang digunakan harus memperhitungkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mendorong siswa untuk menggunakan kemampuan HOTS. Alat eveluasi yang digunakan selama ini pada jenjang sekolah dasar masih belum berbasis HOTS, belum mampu mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Sehingga perlunya sebuah inovasi untuk mengembangkan alat evaluasi yang sangat diperlukan dalam penerapan Project Learning berbasis HOTS di SD dengan tujuan: (1) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir tingkat tinggi (HOTS), (2) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir kritis, (3) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development).  Hasil penelitian yang menyatakan bahwa alat evaluasi project learning dapat dijadikan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) seperti keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhanaswari, P. D. (2020). Meningkatkan Berpikir Kritis, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ips Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Idol Swing Pada Kelas IV A SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Borg, W. ., & Gall, M. . (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc.

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kamila, T., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2022). Model Pembelajaran Project Learning Berbasis HOTS. Yogyakarta: K-Media.

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kamina, T., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2022). Development of Project Learning Model Based on H OTS d i S D Wetlands Banjar Regency. International Journal of Social Science and Human Research, 5(9), 4280–4287. doi:10.47191/ijsshr/v5-i9-40

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumitro, A., Setoyasari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1197. doi:10.56248/educativo.v1i1.58

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika dalam penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Uno, H. . (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-20