VALIDITAS PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dinara Mihalova Universitas Negeri Padang
  • Reinita Univesitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10115

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Powtoon, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media berbasis teknologi masih jarang digunakan, media yang digunakan oleh guru mengguakan media konvensional  serta media abstrak. Guru berfokus pada buku paket, media gambar, dan LKS sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Video Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik di Fase B Kelas IV Pada Gugus I Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan  evaluation. Media yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, bahasa, dan media. Hasil penelitian pengembahan media pembelajaran Video Powtoon yang memiliki tingkat validitas sangat valid, validitas materi 90% (sangat valid), validitas bahasa 95% (sangat valid), validitas media 97,5% (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Video Powtoon untuk Elemen Bhinneka Tunggal Ika Berbasis Pendekatan Saintifik di Fase B Kelas IV Pada Gugus I Kecamatan Padang Utara Kota Padang” Sangat Valid digunakan didalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pegajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmatina, Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019). Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012027

Reinita, & Saralee, A. (2022). Development of Kvisoft Flipbook Maker Media on Integrated Thematic Learning in Fifth Grade of Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 5(2), 139–143.

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653

Sapriyah. (2019). Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Academia, 37(1), 11–26.

Downloads

Published

2023-09-06