VALIDITAS PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10115Keywords:
Media Pembelajaran, Video Powtoon, Model ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media berbasis teknologi masih jarang digunakan, media yang digunakan oleh guru mengguakan media konvensional serta media abstrak. Guru berfokus pada buku paket, media gambar, dan LKS sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Video Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik di Fase B Kelas IV Pada Gugus I Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, bahasa, dan media. Hasil penelitian pengembahan media pembelajaran Video Powtoon yang memiliki tingkat validitas sangat valid, validitas materi 90% (sangat valid), validitas bahasa 95% (sangat valid), validitas media 97,5% (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Video Powtoon untuk Elemen Bhinneka Tunggal Ika Berbasis Pendekatan Saintifik di Fase B Kelas IV Pada Gugus I Kecamatan Padang Utara Kota Padang” Sangat Valid digunakan didalam proses pembelajaran.Downloads
References
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pegajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rahmatina, Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019). Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012027
Reinita, & Saralee, A. (2022). Development of Kvisoft Flipbook Maker Media on Integrated Thematic Learning in Fifth Grade of Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 5(2), 139–143.
Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653
Sapriyah. (2019). Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Academia, 37(1), 11–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.