PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TORUNAMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 04 TALAOK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Nadila Putri Irawan Universitas Negeri Padang
  • Atri Waldi Universitas Negeri Padang
  • Hana SHilfia Iraqi Universitas Negeri Padang
  • Reinita Universitas Negeri Padang

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournamen, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 04 Talaok Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 04 Talaok yang berjumlah 13 orang pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian berupa hasil pengamatan modul ajar, hasil pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta hasil belajar peserta didik menggunakan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 72,72 (B), meningkat pada siklus II menjadi 84,25 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 04 Talaok Kabupaten Pesisir Selatan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, P. N., & Nugroho, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS, 15 (1), 5767. Fadil, K., Ikhtiono, G., & Nurhalimah. (2024). Perbedaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 4(1), 224-238 Farhana, H., Awiria., & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Harapan Cerdas. Fitria, F., Anita, Y., Reinita., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 10 Sabu Kabupaten Tanah Datar. Journal of Basic Education Studies, 7(1), 529-540. Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan :UIN Sumatera Utara Lena, M.S., Iraqi, H.S., Mutmainnah, A., & Oktavia, S. (2023). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(2), 33-41. Mahmud., & Prianta, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung : Tsabita. Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138. Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138. Reinita & Andrika. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 61-73. Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta : Penerbit KBM Indonesia. Saputra, R., Matsum, J. H., & Harjito. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Satya Widya, 39 (2), 87-96. Simamora, A.B., dkk. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya : Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. Waldi. A., Luthfi. Z.F., & Reinita. (2019). Pembiasaan Peserta Didik dalam Mewujudkan Pendidikan Damai di Lingkungan Sekolah. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 38-45. Wati, H. B., Listyarini, I., Sudiyono, S., & Artharina, F. P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 105– 112. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1. 385 Yuhaga, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di Sd Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 52–58. https://doi.org/10.33084/anterior.v2 2i1.4197

Downloads

Published

2025-05-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>