PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU

Survey pada Guru di SMAN 1 Bandung

Authors

  • Yudho Ramafrizal
  • S. Marten Yogaswara Universitas Pasundan
  • Veri Aryanto Sopiansah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.6188

Keywords:

pelatihan, pengembangan, pengalaman kerja, kompetensi

Abstract

Sebagai salah satu upaya investasi SDM di era globalisasi IPTEK, pendidikan menjelma sebagai kebutuhan, dalam proses pemenuhan pendidikan dan teknologi tersebut menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut akan tercapai apabila manajemen organisasi sekolah memilih tenaga didik yang berpengalaman, selain itu juga memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan antara pelatihan, pengembangan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru di SMAN 1 Bandung. Hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan 30.919 > 2.99, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan yang kuat antara variabel Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi. Secara parsial hanya variabel Pelatihan dan Pengalaman Kerja yang berpengaruh terhadap Kompetensi, Hasil pada penelitian juga menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja memiliki pengaruh dominan terhadap Kompetensi Kerja. Dampak penelitian ini diharapkan menjadi perhatian bagi setiap sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dengan cara sesuai hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2005) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Penerbit Fokus Media. Bandung

Dessler, G. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

Foster, B. 2001. Pembinaan untuk Peningkatan Kinerja Karyawan. Penerbit PPM. Jakarta.

Gujarati, D.1999. Ekonometrika (Alih bahasa: Sumarno Zein). Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta

Gujarati, D. 2011. Ekonometrika Dasar. Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi ke-7. Semarang

Hasanah, A. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Edisi Pertama, Cetakan pertama. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.

IKAPI, 2011. Undang-undang Guru dan Dosen. Fokus Media, Bandung,

Irianto, Y, 2001, Competency Based Training. Penerbit Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta

Jurnal Administrative, Vol.3 No.2

Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Volume 1 No.1 Tahun 2013

Jurnal, “ Sertifikasi Guru dan Permasalahannya’’SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.2011

Mustafa, Z. 1994. Hicrostat Untuk Mengolah Data Statistik. Penerbit Alfabeta. Bandung

Notoatmodjo, S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Skripsi, ’’ Pengaruh Pelatihan Guru, Kompetensi Guru Dan Pemanfaatan Sarana Prasaranaterhadap Kesiapan Guru Prodi Bisnis Manajemen Dalam Implementasikurikulum 2013 SMKN Purbalingga Tahun Ajaran 2014/2015.Universitas Negeri Semarang.. 2005

Skripsi. “Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Disiplin kerja terhadap kinerja guru”Program SPS Universitas Terbuka.2016

Simamora, H, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan ke-15. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Syafaruddin, A. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Syafaruddin N. dan U. Basyiruddin. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Penerbit, Ciputat Press. Jakarta Selatan.

Uno, H. B. 2007. Profesi Kependidikan. Penerbit Bumi aksara, Jakarta.

Published

2022-09-14 — Updated on 2022-11-10

Versions

Most read articles by the same author(s)