Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA

Authors

  • Alis Marliati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2311

Keywords:

Simbol, Penokohan, Tinjauan Semiotik Peirce

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala penurunan nilai-nilai moral bangsa di kalangan  generasi muda, sehingga perlu antisipasi melalui pembelajaran yang berbasis nilai-nilai moral melalui penyedian bahan ajar yang berorientasi pada nilai-nilai moral bangsa. Berdasarkan dari hal tersebut, maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut: bagaimanakah bentuk simbol yang terdapat dalam kajian penokohan novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik? bagaimanakah makna simbol dari bentuk simbol yang terdapat unsur penokohan dalam novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik ?  dan dapatkah hasil kajian simbol yang terdapat dalam unsur penokohan novel Negeri 5 Menara  dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kurikulum 2013?. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk simbol yang diteliti dalam penokohan novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik Peirce; mendeskripsikan makna simbol yang dimaknai terbatas pada bentuk simbol kata, frasa dan kalimat dari kajian penokohan dan mendeskripsikan pemanfaatan hasil kajian simbol dalam penokohan  yang terdapat pada novel Negeri 5 Menara akan dapat dipertimbangkan sebagai alternatif  bahan ajar dalam bentuk LKPD berdasarkan tuntutan kurikulum 2013, aspek bahasa dan aspek psikologis.  Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian content analysis. Artinya, penelitian novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi  dikaji secara teliti dengan menggunakan pedoman analisis. Setelah dilakukan penelitian dan analisis pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Penulis novel Negeri 5 Menara mengungkapkan bentuk simbol berupa kata, frasa dan kalimat dalam penokohan pada novel Negeri 5 Menara. (2) Makna simbol dalam penokohan pada novel Negeri 5 Menara meliputi beberapa aspek antara lain, religius, disiplin, kerja keras , jujur, kreatif, mandiri, peduli dan tanggung jawab. (3) Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMA kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jauhari, Heri. (2010). Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Readers Response. Bandung: CV. Arfino Raya.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Minderop, Albertine. (2013). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmanto,B. (2005). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, K.N. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusyana, Y. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.

Semi, A. (1990). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Published

2020-11-20