Struktural Berorientasi Nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 Serta Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2269Keywords:
cerpen, kajian struktural, nilai pendidikan karakter, bahan ajarAbstract
Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 bisa dijadikan salah satu referensi pembelajaran cerpen di SMA karena di dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 terdapat beberapa jenis cerpen dari berbagai pengarang. Penelitian terhadap cerpen perlu sekali dilakukan mengingat pentingnya pemahaman terhadap seluk beluk isi cerpen bagi pembaca yang banyak mengandung manfaat terhadap aspek pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji struktural berorientasi nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, selanjutnya hasil penelitian tersebut akan ditinjau pula kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMA berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini tengah diimplementasikan secara nasional. Penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Berikut temuan dalam penulisan tesis ini, yaitu (1) kajian struktural yaitu mengkaji unsur intrinsik tokoh dan penokohan dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017, (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 yang meliputi religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selanjutnya hasil penelitian ditinjau kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMA berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini tengah diimplementasikan secara nasional.Downloads
References
Hidayati, P. P. (2015). Pedoman Penulisan Tesis. Bandung: Universitas Pasundan.
Pradopo. Djoko Rahcmat. (2003). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sangidu. (2004). Penelitian, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat UGM.
Semi, Altar. (2010). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.