KAJIAN STILISTIKA TERHADAP NILAI ESTETIKA MAJAS YANG BERINDIKASI PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Rika Pratiwi Mustikasari Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4873

Keywords:

Stilistika, Nilai Estetika Majas, Puisi, Pendidikan Karakter, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian Kajian terhadap teks sastra yang bertujuan untuk memahami karya sastra secara menyeluruh sekarang ini semakin berkembang dengan berbagai macam pendekatannya. Stilistika adalah ilmu pemanfaatan bahasa dalam karya sastra. Penggunaan gaya bahasa secara khusus dalam karya sastra yang diciptakan sendiri oleh pengarang. Oleh sebab itu, tujuan analisis puisi ini adalah mendeskripsikan bahasa dan pembentukan kata dengan aplikasi kajian stilistika hal itu dilakukan seiring dengan pesatnya perkembangan karya sastra dalam kehidupan masyarakat namun tentu saja tidak semua jenis karya sastra yang dapat dijadikan materi pembelajaran, demikian juga halnya terhadap puisi. Penetapan puisi sebagai bahan ajar tentunya harus memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus yang berakhir kepada pertanyaan layak atau tidaknya puisi tersebut dijadikan bahan ajar. Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan adanya proses pengkajian dan penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik kumpulan puisi Hujan Bulan Juni melalui pendeskripsian penggunaan bahasa kias untuk mengetahui pesan pengarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif-anatiltis, artinya setiap data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil kajian terhadap nilai esetetika, sepuluh puisi Hujan Bulan Juni mempunyai karakteristik yang berbeda, secara keseluruhan majas yang digunakan yaitu perbandingan (metafora dan personifikasi), pertentangan (oksimoron, klimaks, dan litotes), pertautan (sinekdoke dan erostetis), perulangan jenis majas repetisi dan ungkapan namun terdapat majas yang dominan dipakai oleh penyair yaitu penggunaan bahasa kias jenis personifikasi. Sedangkan nilai estetika majas yang terdapat dalam puisi tersebut terdiri dari nilai harmoni. estetis, dinamis, ekspresif, imajinatif, sugestif dan imveratif. Adapun nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan puisi tersebut terdiri dari, nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Selanjutnya berdasarkan hasil kajian stilistika terhadap nilai estetika majas dalam kumpulan puisi ”Hujan Bulan Juni”, pedoman kriteria penggunaan bahan ajar dan pemikiran guru mata pelajaran bahasa indonesia, maka berdasarkan hasil analisis kumpulan  puisi Hujan Bulan Juni dapat digunakan sebagai materi atau bahan ajar karena mengandung nilai-nilai yang baik yang dapat berindikasi pendidikan karakter.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. (2005). Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Febrianshari, D; dkk. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD.Vol 6 No 1

Hardian, Irfan (2019). “Kajian Stilistika Pada Penggunaan Bahasa Kias Untuk Memahami Pesan Pengarang dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA”, dalam LITERASI, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Nomor 1.Vol 9. Hal 3

Hidayati, Panca. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Ekspres

Nurgiyantoro, B. (2014). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmad Djoko. (2005). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmat Djoko. (2014). Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayuningsih, D.I; dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik umtuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol.4 No.2.

Ratna, NK. (2017). Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, NK. (2017). Stilistika: Kajian Puitikal Bahasa, Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, E; dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Jurnal Edu Sains. Vol.5 No.2.

Sayektiningsih, dkk. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan. Vol 12 No 2.

Siswanti, dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik melalui Pembelajaran Sejaran di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education Vol 6 No 1.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

Tarigan, H.G. (1985). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-11-28