Kajian Stilistika Terhadap Gaya Perbandingan Ungkapan Tokoh Berorientasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA

Authors

  • Shinta Rini

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i1.2302

Keywords:

stilistika, gaya bahasa, ungkapan tokoh dan pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala penurunan nilai-nilai karakter budaya bangsa di kalangan generasi muda, sehingga perlu antisipasi melalui pembelajaran yang berbasis nilai-nilai karakter melalui penyediaan bahan ajar yang berorientasi pada nilainilai karakter budaya bangsa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan karakterisasi para tokoh; mendeskripsikan pemakaian gaya bahasa perbandingan dalam ungkapan para tokoh; mendeskripsikan bentuk nilai pendidikan karakter yang dapat diungkap dalam gaya bahasa perbandingan para tokoh yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan hasil kajian stilistika terhadap gaya bahasa perbandingan ungkapan tokoh berorientasi nilai pendidikan karakter dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian content analysis. Setelah dilakukan penelitian dan analisis pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Penulis novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata mengungkapkan karakterisasi para tokoh dengan menggunakan dua metode, yaitu metode analitik dan metode dramatik, (2) Pemakaian gaya bahasa perbandingan dalam ungkapan para tokoh  novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata cukup variatif, (3) Bentuk nilai pendidikan yang terdapat dalam gaya bahasa perbandingan para tokoh yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata terdapat nilai pendidikan karakter, dan (4) Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin,Yunus. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Aminuddin. (1995). Stilistika : Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Faruk. (2015). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayati, Panca Pertiwi. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.

Hirata, Andrea. (20015). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Keraf, Gorys. (1991). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyanto, Burhan. (2000). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Umum Press.

Nurgiantoro, Burhan. (2014). Stilistika. Yogyakarta: Dadjah Mada University Press.

Ratna Kutha, Nyoman. (2013). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Ratna Kutha, Nyoman. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardjono, Partini. (1992). Pengantar Pengkajian Sastra. Bandung: Pustaka Wina.

Semi, M. Atar. (1984). Anatomi Sastera. Padang: FPBS IKIP.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo,Agus. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Widdowson, H.G. 1997. Stilistika dan Pengajaran Sastra. Diterjemahkan oleh Sudijah. Surabaya: Airlangga University Press.

Published

2020-05-16