PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ

Penulis

  • Dianing Anugerah Universitas Pasundan
  • Darta Universitas Pasundan
  • Jusep Saputra Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.8860

Abstrak

Kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah dan masih perlu adanya peningkatan. Untuk mengoptimalkan koneksi matematis pada siswa perlu dicarikannya solusi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh dengan cara menerapkan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta mengetahui efektivitas model Discovery Learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan koneksi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (kuasi) dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas, kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Quizizz dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Quizizz efektif terhadap kemampuan koneksi matematis. Dengan demikian, model Discovery Learning berbantuan Quizizz membantu meningkatkan dan melihat efektifitas kemampuan koneksi matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-12