PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ

Penulis

  • Jusep Saputra
  • Rany Nur Amalia Universitas Pasundan
  • Dahlia Fisher Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.8859

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa pada kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII A dan 30 siswa kelas VIII C di SMP Pasundan 6 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dengan uji perbandingan dua sampel (uji-t). Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil Penilitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7.

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self-confidence Siswa SMP. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022

Dewi, Cahya Kurnia. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Diss. UIN Raden Intan Lampung.

Eisenkraft, A. (2003). Expanding The 5E Models: A Purposed 7E Models Emphasizes ‘Transfer Learning’ and The Importance Of Eliciting Prior Understanding. The Science Teacher, 70(6).

Fisher, D., Yaniawati, R. P., & Mariani, M. (2019). Pendekatan Saintifik Berbasis E-learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence. Jurnal Analisa, 5(2), 137-151. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6234

Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis siswa dalam menyelesaikan soal Geometri kubus dan Balok. Prisma, 8(1), 68-79. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479-486. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p479-486

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Antara TPS dan STAD. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33- 40. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.5103

OECD. (2019). PISA 2018 Mathemathic Framework.

Putra, J. D. (2017). Learning cycle 5e dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning matematika. Prisma, 6(1), 43-56. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.27

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151-161.

Rastal, J., 1, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quizizz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804

Safitri, D., & Noviarni, N. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 242-253. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.4777

Saputra, J., & Rahman, T. (2022). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Mahasiswa melalui E-learning Berbantuan Program Maple. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 241-253. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6718

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukartini, N. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Evaluasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603.

Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 377-388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.518

Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319

Wibawa, T.P., Eliyarti, W., Saputra, J. (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 241-253.

Yuliani, D., Nurhasanah, N., & Rohaeti, E. E. (2019). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Program Linear. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8 (1), https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01