PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.8859Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa pada kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E berbantuan quizizz sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII A dan 30 siswa kelas VIII C di SMP Pasundan 6 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dengan uji perbandingan dua sampel (uji-t). Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil Penilitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.Unduhan
Referensi
Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7.
Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self-confidence Siswa SMP. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022
Dewi, Cahya Kurnia. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Diss. UIN Raden Intan Lampung.
Eisenkraft, A. (2003). Expanding The 5E Models: A Purposed 7E Models Emphasizes ‘Transfer Learning’ and The Importance Of Eliciting Prior Understanding. The Science Teacher, 70(6).
Fisher, D., Yaniawati, R. P., & Mariani, M. (2019). Pendekatan Saintifik Berbasis E-learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence. Jurnal Analisa, 5(2), 137-151. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6234
Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis siswa dalam menyelesaikan soal Geometri kubus dan Balok. Prisma, 8(1), 68-79. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479-486. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p479-486
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709.
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Antara TPS dan STAD. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33- 40. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.5103
OECD. (2019). PISA 2018 Mathemathic Framework.
Putra, J. D. (2017). Learning cycle 5e dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning matematika. Prisma, 6(1), 43-56. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.27
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161
Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151-161.
Rastal, J., 1, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quizizz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804
Safitri, D., & Noviarni, N. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 242-253. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.4777
Saputra, J., & Rahman, T. (2022). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Mahasiswa melalui E-learning Berbantuan Program Maple. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 241-253. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6718
Sugiyono. (2017). Metode Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukartini, N. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Evaluasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603.
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 377-388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.518
Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319
Wibawa, T.P., Eliyarti, W., Saputra, J. (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 241-253.
Yuliani, D., Nurhasanah, N., & Rohaeti, E. E. (2019). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Program Linear. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8 (1), https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.