PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dan self-concept. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII G dengan 27 siswa dan kelas VIII H dengan 25 siswa, yang dipilih menggunakan Teknik Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent kontrol group design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes uraian tentang bangun ruang sisi datar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji korelasi. Kesimpulannya yaitu peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionalUnduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.