PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Penulis

  • Tiaradipta Putri Wibawa Universitas Pasundan
  • Wisma Eliyarti Universitas Pasundan
  • Jusep Saputra

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dan self-concept. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII G dengan 27 siswa dan kelas VIII H dengan 25 siswa, yang dipilih menggunakan Teknik Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent kontrol group design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes uraian tentang bangun ruang sisi datar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji korelasi. Kesimpulannya yaitu peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11