KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Aulia Adytia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8094

Kata Kunci:

SPLDV, Student Errors, Systematic Literature Review

Abstrak

Pendidikan matematika sangat penting bagi kelangsungan hidup, maka dari itu diharapkan siswa memiliki kemampuan matematika dan sikap matematika yang baik, salah satunya, yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga tidak terjadi lagi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini akan mengkaji secara literatur dengan menggunakan systematic literature review terkait bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV. Kriteria literatur yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa artikel jurnal yang terindeks Sinta, atau Google Scholar dengan tahun publikasi maksimal 5 tahun terakhir (tahun 2019-2023). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan dari literatur yang relevan dengan bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV. Dengan dilakukannya penelitian ini dapat memberikan informasi terkait bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV serta peluang untuk melakukan penelitian terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2001-2009.

D.Juandi. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics:Conference Serie.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 21-30.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa smp kelas viii dalam meyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Aksioma, 42-52.

Farmasi, P. S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 32-36.

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman . Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 39-50.

Hasibuan, N. S., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 486-494.

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 105-115.

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI PRESS.

Kamila, N. S., & Adirakasiwi, A. G. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR POLYA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 749-754.

Kebudayaan, D. P. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan PendidikanDasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Lame, G. (2019). Systematic Literature Review: An introduction. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, 1633-1642.

Liberati, A. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health careinterventions: explanation and elaboration. In Journal of clinical epidemiology.

Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma pada materi fungsi. 641-652.

Purwarsih, S. M., & Ramadhani, E. (2021). Penerapan Scaffolding sebagai solusi Meminimalisisr Kesalahan SIswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 91-98.

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 835-842.

Rachmawati, N. D., Rubowo, M. R., & Rahmayani, I. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelsaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 72-80.

Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 323-330.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. . Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 129-144.

Wahyu , A., Wibowo , T., Kurniawan, H., & Purworejo, U. M. (2019). Analisis kemampuan looking back siswa dalam pemecahan masalah matematika. 81-87.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 106-113.

Yuliana, C., Sanusi, & Maharani, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kemampuan Siswa. Educatif: Journal of Education Research, 17-26.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-29