Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Penulis

  • Handri Wijaya Universitas Mandiri
  • Isop Sopiyah Universitas Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7517

Kata Kunci:

Group Investigation, Mathematical Communication, Traditional Learning

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika model pembelajaran Group Investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasinya seluruh siswa kelas X MIPA dengan sampel kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen tes uraian berupa pretest-posttest, dan instrumen non tes berupa angket. Data pretest-posttest diolah dengan menggunakan Software SPSS Statistics 17.0 for Windows. Adapun nilai rata-rata N-Gain pada kemampuan komunikasi matematis siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,57 dan 0,23 dengan signifikansi 0,00 ˂ 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil perolehan angket dengan rata-rata keseluruhan 3,3 menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis angket siswa kelas eksperimen menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran Group Investigation.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amin., & Linda Y.S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Jakarta: Pusat penerbitan LPPM

Ansari, I.B. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir, dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena

Arikuto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Buchari, Alma., dan Ratih, H. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta

Djamah, S.B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dwi, P.P., & Hepsi, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 25-42

Hanafiah, Nanang., & Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama

Hasratuddin, H. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2)

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Hendriana, Heris., dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18

Hosnan, M. (2014). Pendidikan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif Dan Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: CV Iscom

Medan Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhandas, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemecahan Masalah. Suska. Journal Of Mathematics Education,1(1), 56-67

Nofiardi, Rahmat. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Pendidikan Sains dan Computer, 1(1), 27-35

Noorlaila, F.I. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher

Novia, E.T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahan Konsep Matematis Siswa. Skripsi. STKIP Subang. Tidak Diterbitkan

Pane., dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 56-67

Rahman. (2017). Model Mengajar Bahan Pembelajaran. Bandung: Alqaprint Jatinangor

Rahmayanti, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr). Skripsi. Stkip Subang: Tidak Diterbitkan.

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media

Ramadhani, K. B., Nuraina., & Muliana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Padang Tualang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 074-083.

Ruseffendi, E. T. 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern Dan Komputer Untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito.

Russefendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsino

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutianah, Cucu. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media

Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, M. D. (2019). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-28