Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7517Kata Kunci:
Group Investigation, Mathematical Communication, Traditional LearningAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika model pembelajaran Group Investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasinya seluruh siswa kelas X MIPA dengan sampel kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen tes uraian berupa pretest-posttest, dan instrumen non tes berupa angket. Data pretest-posttest diolah dengan menggunakan Software SPSS Statistics 17.0 for Windows. Adapun nilai rata-rata N-Gain pada kemampuan komunikasi matematis siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,57 dan 0,23 dengan signifikansi 0,00 ˂ 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil perolehan angket dengan rata-rata keseluruhan 3,3 menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis angket siswa kelas eksperimen menunjukkan sikap positif terhadap model pembelajaran Group Investigation.Unduhan
Referensi
Amin., & Linda Y.S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Jakarta: Pusat penerbitan LPPM
Ansari, I.B. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir, dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena
Arikuto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Buchari, Alma., dan Ratih, H. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta
Djamah, S.B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dwi, P.P., & Hepsi, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 25-42
Hanafiah, Nanang., & Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Hasratuddin, H. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2)
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama
Hendriana, Heris., dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18
Hosnan, M. (2014). Pendidikan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif Dan Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: CV Iscom
Medan Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhandas, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemecahan Masalah. Suska. Journal Of Mathematics Education,1(1), 56-67
Nofiardi, Rahmat. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Pendidikan Sains dan Computer, 1(1), 27-35
Noorlaila, F.I. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher
Novia, E.T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahan Konsep Matematis Siswa. Skripsi. STKIP Subang. Tidak Diterbitkan
Pane., dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 56-67
Rahman. (2017). Model Mengajar Bahan Pembelajaran. Bandung: Alqaprint Jatinangor
Rahmayanti, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr). Skripsi. Stkip Subang: Tidak Diterbitkan.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media
Ramadhani, K. B., Nuraina., & Muliana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Padang Tualang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 074-083.
Ruseffendi, E. T. 2005. Dasar-Dasar Matematika Modern Dan Komputer Untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito.
Russefendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsino
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sutianah, Cucu. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, M. D. (2019). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.