SPATIAL ABILITY IN MIDDLE SCHOOL MATHEMATICS LEARNING: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)

Penulis

  • Candra Ena Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sufyani Prabawanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rani Sugiarni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.7303

Kata Kunci:

spatial ability, systematic literature review

Abstrak

Kemampuan spasial adalah proses kognitif dalam melihat suatu benda dan membangun hubungan antara benda tersebut dengan lingkungannya. Kemampuan ini merupakan unsur penting dalam pembelajaran matematika yang dapat diterapkan pada berbagai permasalahan dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis artikel yang dipublikasikan tentang kemampuan spasial dari tahun 2012 hingga 2022. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang digunakan untuk mengumpulkan data primer terkait kemampuan spasial yang dipublikasikan di mesin pencari Google Scholar. Pemilihan data didasarkan pada indeks jurnal, tahun publikasi, tingkat pendidikan, ukuran sampel, lokasi penelitian, dan bahan penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penelitian yang paling banyak dipublikasikan adalah pada tahun 2018 dan paling banyak diterapkan pada bahan ajar geometri. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar penelitian tentang kemampuan spasial dilakukan di Pulau Jawa pada tingkat SMP. Dari penelitian ini juga direkomendasikan agar penelitian serupa dilakukan di luar pulau Jawa dan menggunakan materi tingkat SD, SMA, Universitas, dan juga menggunakan materi statistika, aljabar, dan aritmatika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Al Hafizin, M., Tendri, M., & Kusumawati, I. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Geometri Kubus Dan Balok Di Kelas Ix Smp Negeri 03 Pulau Beringin. 3(November), 60–65.

Astuti, R. N., Sugiatno, & Bistari. (2016). Kemampuan Penelaran Spasial Matematis Siswa Dalam Geometri Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14.

Choifah, Amin Suyitno, E. P. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 3158–3166. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.914

Fatmahanik, U. (2021). Penalaran Spasial Geometri Ruang Mahasiswa Calon Guru MI/SD Berkemampuan Awal Tinggi Berdasarkan Gender. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, Vol. 6, p. 513. Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.651

Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.78

Fita Fatmawati1), K. A. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Spasial Pada Materi Volume Dan Luas Permukaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2, 102–111.

Hodiyanto, H. (2018). Kemampuan spasial sebagai prediktor terhadap prestasi belajar geometri mahasiswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, p. 59. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.364

Isnayanti, I., Harahap, M. S., Kunci, K., Penigkatan, :, Spasial, K., & Matematika, P. (2020). Meningkatkankan Kemampuan Spasial Matematika Siswa Di Smp Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(1), 117–122. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Khofifah, K., Risalah, D., & Sandie, S. (2022). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, Vol. 1, pp. 58–64. Indonesian Society of Applied Science. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss1.150

Marbawi, M. I., & Salim, T. A. (2019). Mempertahankan keaslian arsip elektronik di era digital berdasarkan tinjauan literatur sistematis. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 149. https://doi.org/10.22146/bip.47370

Narpila, S. D. (2019). PERBEDAAN KECERDASAN SPASIAL ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN KELAS X SMA YPK MEDAN PADA MATERI GEOMETRI. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, Vol. 2, pp. 34–41. Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.39

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). META ANALISIS : PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI INDONESIA TUJUH TAHUN TERAKHIR Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung , Indonesia Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng , Indonesia Universitas . 9(4), 851–864.

Perangin-angin, D. S., & Khayroiyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Visualization Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Menggunakan Aplikasi Zoom Di Sma Persiapan Stabat T.P.2020/2021. Maju, 8(2), 389–398.

Prastyo, Y. (2017). DESKRIPSI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP DITINJAU BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, Vol. 5, pp. 22–30. Dr. Soetomo University. https://doi.org/10.25139/sm.v5i1.454

Putri, A. A., Juandy, D., & Indonesia, U. P. (2022). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 7, 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Putri, A. H. (2017). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Geometri Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta Di Kecamatan Kebomas Gresik. Didaktika, 23(2), 114–121.

Rizky Oktaviana Eko Putri, U. N. I. (2018). Studi tentang kemampuan spasial siswa sekolah menengah pertama (smp) di mojokerto. Majamath, 1, 135–141.

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian. Jurnal Litbang Kementerian Kesehatan, (i), 326–333.

Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28