Improving Self-Regulated Learning and Creativity of Students through GeoGebra in Solving Spatial Geometry Problems

Penulis

  • Indra Kurniawan Universitas Indraprasta PGRI
  • Andri Rahadyan Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6749

Kata Kunci:

GeoGebra, geometry, spatial, self-regulated learning, creativity

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi GeoGebra dalam pemecahan masalah untuk meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas 12 SMA IPA HSPG Bekasi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data adalah wawancara berbasis tugas. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti dan instrumen bantu yaitu tes pemecahan masalah (PST). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data ke dalam kategori kemandirian belajar dan kreativitas, (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, dan (3) melakukan analisis untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siswa kategori tinggi terdapat peningkatan kemandirian belajar. Terbukti siswa semakin antusias mencoba GeoGebra pada pengerjaan soal dan kreativitas siswa pun meningkat terbukti siswa menemukan 1 cara baru. Pada siswa kategori sedang terdapat peningkatan kemandirian belajar, terbukti siswa semakin antusias mencoba GeoGebra pada pengerjaan soal walaupun siswa masih ragu, dan kreativitas siswa juga meningkat terbukti siswa menemukan 1 cara baru akan tetapi cara baru itu belum sempurna. Terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa kategori rendah, terbukti dari awalnya sama sekali tidak menggunakan, siswa ini mulai mencoba GeoGebra walaupun siswa hanya bisa membuat bangun ruang saja, dan kreativitas siswa belum terdapat ada peningkatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminy, M., Herizal, H., & Wulandari, W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1). https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4390

Budiman, H., & Ramdhani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis GeoGebra Versi Android. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.30738/jst.v3i2.1607

Dörrenbächer, L., & Perels, F. (2016). Self-regulated learning profiles in college students: Their relationship to achievement, personality, and the effectiveness of an intervention to foster self-regulated learning. Learning and Individual Differences, 51. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.09.015

Junaidi, J. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Aplikasi GeoGebra di SMP Negeri 1 Mila. Jurnal Numeracy, 5(2), 184–193.

Kustiawati, D. (2016). Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 113–120.

Lihu, I., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Median Pembelajaran Berbantuan Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 6 Palopo. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 39–52.

Nulhakim, A. L., Susanto, A., & Husain, A. (2022). Penggunaan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains, 186–190.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64.

Prayudi, W. S., & Rahman, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Confidence Siswa SMA Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Mind Mapping. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1).

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9–22. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa melalui Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Puspitawati, N. M., Santyasa, W., & Agustini, K. (2018). PENGARUH MEDIA GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 SINGARAJA. In Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia (Vol. 8).

Rohmatunnisa, Z. J., Anita, I. W., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1061–1070. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1061-1070

Rosiyanti, H., Astriyani, A., & Liani, F. (2020). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra bagi Guru Sekolah Dasar di Jakarta Selatan untuk Mata Pelajaran Matematika. J-ADIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 70–75.

Sirad, L. O., & Arbain, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Pembelajaran Virtual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2436–2445. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4198

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31