Ah Analisis Hambatan Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika

Penulis

  • Anisatul Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Maemonah Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6737

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika materi kelipatan dan faktor suatu bilangan. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa ketika dalam proses pembelajaran yang diakibatkan karena adanya kesenjangan atau jarak antara prestasi akademik yang diharapkan dengan prestasi akademik yang dicapai pada kenyataannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis deskriptif. Dengan partisipan kelas IV A sejumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan belajar yang dialami oleh Kelas IV A pada mata pelajaran matematika materi kelipatan dan faktor suatu bilangan. Bentuk hambatan belajar antara lain; 1) kurang kesiapan siswa dalam belajar; 2) kesulitan dalam menyelesaikan soal; 3) keterbatasan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hambatan belajar yang ditemukan terdapat pada hambatan ontogeny sebanyak 5 siswa, hambatan didaktik sebanyak 2 siswa, dan hambatan epistemologi sebanyak 2 siswa. Dengan mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa dalam belajar guru dapat meminimalisir hambatan belajar siswa sehingga tidak ada kesenjangan antara prestasi akademik dengan prestasi akademik yang ingin dicapai.   Kata Kunci: Hambatan Belajar, Matemataika, dan Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Akhda, L. 2018. “Kesulitan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Psikologi 5 (1):11–20.

Andany, Mery, Jamilah Jamilah, and Hartono Hartono. 2021. “Didactical Obstacle Siswa Kelas IX Pada Materi Deret Geometri.” Journal Of Innovation Reseach and Knowledge 1 (5):888.

Arum, Dewi Puspa, Hindra Kurniawan, Siti Umi Hanik, and Natalia Desy Anggreani. 2022. “Stategi, Hambatan, Dan Tantangan Penanaman Nilai-Nilai Kesatuan Berbahasa Pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16 (2):819–30. doi: 10.35931/aq.v16i2.975.

Cahyono, Hadi. 2019. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (1):1–4.

Dharma, Dian, Kamid Kamid, and Yantoro Yantoro. 2021. “Analizing Learning Obstacle With Didactical Design Reseach On Three Dimensional Ditance Material.” Indonesian Journal of Science and Mayhematics Education 4 (3):287–99. doi: 10.24042/ijsme.v4i3.10355.

Elfiah, Nining Sifa, Hevy Risqi Maharani, and M. Aminudin. 2020. “Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8 (1):13. doi: https://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.887.

Ghufron, M. Nur, and Rini Risnawita. 2015. “Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor Yang Berperan.” Elementary 3 (2):297–311.

Herdiansyah, Haris. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Husein, Ma’ruf Bin. 2020. “Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta.” Cahaya Pendidikan 6 (1):56–67.

Ismail, Ismail. 2016. “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah.” Jurnal Edukasi 2 (1):30–43.

Jannah, Kholifatul, Dwi Hastuti, and Yuliana Eva Riany. 2022. “Parenting Style and Depression Among Students: The Mediating Role of Self-Esteem.” Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi 7 (1):39–50. doi: 10.21580/pjpp.v7i1.9885.

Khairunnisa, Khairunnisa, and Aulia Masruroh. 2020. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)Pada Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Prosiding Universitas Indraprasta PGRI 299–306.

L. Baker, Timberly, Jillian Wise, Gwendolyn Kelley, and Russell J. Skiba. 2016. “Identifying Barriers: Creating Solutions to Improve Family Engagement.” School Community Journal 26 (2):161–84.

Milinia, Rina, and Mohammad Faizal Amir. 2022. “The Analysis of Primary Students’ Learning Obsacle on Plane Figures’ Perimeter and Area Using Onto-Semiotic Approach.” Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 9 (1):25–30. doi: http://syeknurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida.

Mursalin, Mursalin. 2021. “Permasalahan Siswa Dalam Kesulitan Belajar (Studi Kasus Terhadap JM Siswa Kelas IV SD Negeri Cot Jaja).” Seminal Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III 308–14.

Nuraeni, Nuraeni, and Syahna Apriani Syihabuddin. 2020. “Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif.” Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 1 (1):19–30.

Panjaitan, M. Azhari, and Tatang Herman. 2022. “Analisis Karakteristik Hambatan Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Materi Kubus Dan Balok.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10 (2):393–405. doi: http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i2.1677.

Pingge, Heronimus Delu. 2017. “Kontribusi Mendiagnosis Kesulitan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi Sumba 1 (1):40–46.

Putri Suartini, Ni Wayan. 2022. “Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Reseach 6 (1):141–45.

Riana, Ina, Rida Fironika Kusumadewi, and Nuhyal Ulia. 2020. “Tahap Pengembangan Bahan Ajar ‘Creative Factor’ Berbasis Proyek Pada Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1 (1).

Rizaldy, Afrizka Galih, Nugrananda Janattaka, and Nourma Oktaviarini. 2022. “Analisis Siswa Yang Mengalami Faktor Penghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Di SDN 01 Tamanan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2 (3):270–76.

Ruli, Redo Martila. 2021. “Identifikasi Hambatan Belajar Siswa Pada Konsep Persamaan Kuadrat.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4 (4). doi: 10.22460/jpmi.v4i4.941-948.

Sbaragli, Silvia, Giafranco Arrigo, Bruno D’Amore, Marta Isabel Fandino Pinilla, Aldo Frapolli, Danillo Fragelio, and Oliver Villa. 2012. “Epistemological and Didactic Obstacle: The Indluence of Teachers’ Belifs on the Conceptual Education of Students.” Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education 10 (1):1–5.

Setyawan, Agung, Qisnah Arsila Novitri, Silfi Rahartini Eka pratiwi, Mardhatilla Birrul Walidain, and Moh. Agus Khoirul Anam. 2019. “Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (SD).” 155–63.

Sugiyono, Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. 10th ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, Nadia, Al Jupri, and Turmudi Turmudi. 2021. “Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan.” Research and Development Journal Of Education 7 (2):226–36. doi: https://dx.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31