Analisis Kemampuan Self-Concept Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Pada Siswa SMP

Penulis

  • Agus Dede Anggiana Universitas Pasundan
  • Subaryo Subaryo Universitas Pasundan
  • Vevi Hermawan Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6668

Kata Kunci:

Self-concept, Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk Write

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Baleendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket self-concept. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian yaitu Self- Concept siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggiana, A. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4(2), 56-69. doi:10.23969/symmetry.v4i2.2061

Arwinie, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Serta Self-Concept Siswa MTS Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmatudin, J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Concept Siswa SMP 1 Kedawung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rijal. (2016, 12 12). Pengertian Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Retrieved 02 2018, 1, from Berbagi Ilmu: http://www.rijal09.com/2016/12/pengertian-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html

Yamin, M. B. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual. Jakarta:Repferensi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01