Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif dalam PMRI Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Terhadap Siswa

Penulis

  • Dwi Yulianto STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6630

Abstrak

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa juga memerlukan media pembelajaran yang dapat membatu memahami materi secara berulang-ulang sehingga diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran seperti bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis youtube materi SPLDV kelas VIII yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu: 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 30 orang respon siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale dengan lembar penilaian validitas bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis youtube materi SPLDV. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk memperoleh rata-rata skor. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis youtube materi SPLDV mendapat penilaian 85,50% dari ahli media, 85,83% dari ahli materi, dan 85,73% dari pengguna atau siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis youtube materi SPLDV ini sangat layak  di MTs Kun Karima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Anugerah, S., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076.

Dyah Kusuma, E., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2018). The Development of Problem-Based Quantum Learning Model in Elementary School in. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 9–16. https://doi.org/10.24331/ijere.412267.

Erni, dkk. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis PMRI pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah dan Ilmu Kependidikan. 6. 112-116.

Fadiah, dkk. (2021). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5: 741-748.

Faridah H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI Berorientasi pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3: 34-44.

Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D. C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47.

Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945

Itiarani. (2019). Penggunaan Video Dari Youtube Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Pendidikan Agama Islam. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

J.Setiadi, Nugroho. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontempporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada media Group.

Kim, D. (2020). The correlation analysis between Korean middle school students’ emotional level and friendship in science learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.22744.

Mustasimin, S.H. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2. 231-239.

Nolaputra, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1: 18-32.

Pamungkas, D. A., Prima, F., & Arisyanto, P. (2020). Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Pidodowetan. Jurnal Sinektik, 3(2), 164–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/js.v3i2.3773.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.

Purwanti, dkk. (2018). Kemampuan Literasi Matematika pada Discovery Learning Pendektana RME Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 5: 183-195.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., El Wa’fa, A. R., Faizah, S. N., & Mukaromah, A. (2021). Efektivitas Video Belajar Dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa Smp. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 202. https://doi.org/10.31949/th.v5i2.2668.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, A., & Tasrif, E. (2021). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi “Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom.” JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.12.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Udjaja, Y., Guizot, V. S., & Chandra, N. (2018). Gamification for Elementary Mathematics Learning in Indonesia. International Journal of Electrical and Computer Engineering (ICE), 8(5), 3860. https://doi.org/10.11591/ijece.v8i5.pp3860-3865.

Wagiran. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, Hidayatullah, R. S., & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 79. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665.

Widodo, G. (2018). Pengembangan E-Modul Sejarah Perang Kemerdekaan di Jember Berbasis Inquiry Menggunakan Model ADDIE unttuk SMA kelas XI IPS. Skripsi.

Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, Sari, D. A. P., Inzanah, & Setiawan, B. (2020). The effectiveness of gadget-based interactive multimedia in improving generation z’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 248–256. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31