PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT

Penulis

  • Lamlam Patimah Universitas Putra Indonesia
  • Widianjani Widianjani Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6629

Abstrak

Hasil belajar menjadi tolak ukur dalam keberhasilan seseorang. Pemilihan aplikasi pembelajaran yang tepat dapat membuat mahasiswa nyaman dan senang dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika diskrit. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Putra Indonesia. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa semester V A  dan V B. Metode Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalen Control Group Design. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika diskrit semester V Fakultas Teknik di Universitas Putra Indonesia Cianjur maka dilakukan beberapa pengujian yaitu, uji instrumen meliputi validitas dan reabilitas, uji Prasyarat analisis yaitu normalitas, homogentitas, dan Uji T. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui melalui hasil perhitungan Thitung 2,329 > Ttabel 2,039 dengan taraf kepercayaan 95% atau α 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar Matematika Diskrit mahamahasiswa semester V di Universitas Putra Indonesia Cianjur. Kata Kunci : Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahar, A. (2017). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz.

Cristiyanda, G. &. (2021). Pengaruh Penggunaan Webquiz Quizizz Terhadap Hasil Belajar Sosiologi mahasiswa di SMA N 16 Padang. Jurnal Sikola : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran , 2(3), 174-183.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA) , 3(1).

Hanafiah, A. S. (2020). PENGANTAR Matematika Diskrit. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung .

Khadijah, I. N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis mahasiswa SMP pada Materi diskrit. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1095–1104.

Mulyati dan Evend. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Gauss. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.03 No.01, Mei 2020.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Nugroho, D. Y. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan (Vol. 2). Bandar Lampung: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandarlampung. Prosiding PKM- CSR.

Selviana. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Satistika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Griya Cendikia, Volume 7, No 2, Juli 2022

Siregar, S. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Berbasis Kontruktivisme. Jurnal Phytagoras, 7(2): 85-94.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wibawa, R. A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz” as a Learning Media. Dinamika Pendidikan , 14(2), 244-253.

Yana, A. U. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 7(2), 143-152.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31