KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6436Kata Kunci:
Penalaran, Analogi, SLR, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai kemampuan penalaran analogi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Sampel terdiri dari 17 artikel dari jurnal terindeks SINTA dan Google Scholar yang diterbitkan pada tahun 2018 sampai Oktober 2022. Hasil penelitian ini direview berdasarkan indeks jurnal, tahun publikasi, tahun publikasi, indeks jurnal, jenjang studi, ukuran sampel, lokasi penelitian, dan materi yang digunakan pada penelitian analisis kemampuan penalaran analogi siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan menggunakan metode SLR, ditemukan bahwa artikel paling banyak diterbitkan di SINTA 4, terdapat kenaikan jumlah artikel yang diterbitkan di SINTA pada setiap tahunnya, ukuran sampel yang banyak digunakan kurang dari 30 subjek, lokasi didominasi dilakukan di Pulau Jawa, materi aljabar dan geometri paling banyak digunakan pada penelitian literasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif, dan ditinjau dari empat komponen penalaran analogi yaitu encoding, inferring, mapping, dan application ditemukan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan pada tahap mapping dan applying.Unduhan
Referensi
Akhadiah, S. (2011). Logika dan Penalaran Ilmiah, Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Lemma: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75
Azmi, M. P. (2015). Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
CTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Gentner, D., & Loewenstein, J. (2002). Relational language and relational thought. Language, Literacy, and Cognitive Development: The Development and Consequences of Symbolic Communication, 87–120
Gentner D., & Forbus K. (2010). Computational models of analogy. WIREs CognitiveScience. doi: 10.1002/wcs.105
Isoda, M. & Katagiri, S. (2012). Mathematical thingking how to develop it in classroom. Singapore: World Scientific.
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1722/1/012108
Fatimah, N. & Imami, A.I. (2021). Analisis Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII. Aceh: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MAJU)
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran PAUD SD SMP SMA SMK Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud
Manurung, Otto & Kartono. (2016). Keterampilan Penalaran Induktif Deduktif Dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Ctl Berbasis Hands On Activity. Unnes Journal of Mathematics Education Research
Minarni, A. (2010). Peran Penalaran Matematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa.Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
Nurhalimah, H. & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Analogi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Limas. Aceh: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MAJU)
Sasanti, Ririn Diyanita. (2005). Pembelajaran dengan Analogi untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Skripsi UNESA Surabaya: Tidak dipublikasikan.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Yogyakarta ; Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMA.
Stenberg, R.J. (1977). Component processes in analogical reasoning. Psychological Review, 84(4), 353.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumartini, T. S . (2015). Peningkatan kemampuan Penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika
Wulandari, H.A., Utami, C. & Mariyam. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas IX . JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 6(2)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.