Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Indonesia: Sistematik Literatur Reviu (SLR)
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6426Kata Kunci:
Critical Thinking, Systematic Literature Review , MathematicsAbstrak
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang termuat dalam kompetensi 4C yang harus dimiliki oleh siswa abad 21. Penelitian terkait kemampuan berpikir kritis matematis telah banyak dilakukan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana heterogenitas studi terkait analisis kemampuan berpikir kritis matematis di Indonesia berdasarkan tahun publikasi, jenjang pendidikan, tingkatan kelas, publikasi di jurnal terindeks Sinta, materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian, demografi dan indikator kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) berbasis pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan protokol PRISMA meliputi tahap identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan penyertaan. Hasil penelitian SLR menunjukkan bahwa penelitian terkait analisis kemampuan berpikir kritis matematis dengan pendekatan kualitatif paling banyak dipublikasikan pada tahun 2021 dan 2022. Mayoritas studi dilakukan pada jenjang sekolah menengah pertama dengan subjek penelitian siswa kelas 7 dan 8 pada cabang ilmu matematika aljabar. Penelitian terkait kemampuan berpikir kritis matematis dengan pendekatan kualitatif didominasi oleh daerah jawa sebesar 73%, paling banyak dipublikasikan pada jurnal terindeks sinta 4. Indikator kemampuan berpikir kritis yang belum dikuasai oleh siswa adalah memberikan argumentasi atau alasan dalam menjawab dan menarik kesimpulan secara tepat sesuai dengan konteks masalah.Unduhan
Referensi
Andriawan, A., Setiawati, A. S., Sari, I. P., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 559. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568
Belecina, R. R. (2018). Effecting Change on Students?? Critical Thinking in Problem Solving. Educare, 10(2).
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. Journal of Research & Method in Education, 3(5), 18.
Cronin, P. (2013). How to do a Systematic Literature Review in Nursing. A Step-by-Step Guide. In Nurse Education in Practice (Vol. 13, Issue 3). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2012.12.004
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2), 165–182. https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Facione, P. A. (1991). Using the California Critical Thinking Skills Test in Research, Evaluation, and Assessment. California Academic Press, 1–20.
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96–107. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1734
Jesson, J., Matheson, L., & Lacey, M. . (2011). Doing Your Literature Review: Traditional and Systematic Technique. SAGE Publication Ltd.
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108
Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI Press.
Kemdikbud. (2019). Pentingnya 4C untuk Menghadapi Abad 21. GTK.Kemdikbud.Go.Id. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4c-untuk-menghadapi-abad-21
Kofod-petersen, A. (2018). How to do a structured literature review in computer science. Researchgate, May 2015, 1.
Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. BMJ (Clinical Research Ed.), 339. https://doi.org/10.1136/bmj.b2700
Lipman, M. (1987). Critical Thinking: What can it be? In Analytic Teaching (Vol. 8, Issue 1, pp. 5–12). http://journal.viterbo.edu/index.php/at/article/view/403/197
Litte, J. H., Corcoran, J., & Pillai, V. (2008). Systematic Review and Data Analysis. In Pocket Guides To Social Work Research Methods. http://ifile.it/mt9o1d/ebooksclub.org__Systematic_Reviews_and_Meta_Analysis__Pocket_Guides_to_Social_Work_Research_Methods_.pdf%5Cnpapers2://publication/uuid/4955D114-0F18-48B4-BFB2-026C69DDB7C0
P21. (2007). Framework for 21st-century learning. P21 Partnership for 21st Century Learning, 2. http://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21_framework_0816_2pgs.pdf%0Ahttp://www.p21.org/our-work/p21-framework
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154.
Schafersman, S. D. (1991). An introduction to critical thinking. Nursing, 49(6), 42–43. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000558090.23346.fb
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Sumargiyani, Istiandaru, A., & Ainurrahman, M. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Menggunakan Soal Limit Fungsi Berbasis HOTS. AdMathEdu, 11(1), 19–28.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.