Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-efficacy Siswa dalam Implementasi Strategi Pembelajar Relating, Experiencing, Applying, dan Transferring (REACT)

Authors

  • Purnama Nuranisa universitas pasundan
  • Dahlia Fisher Universitas Pasundan
  • Beni Yusepa Ginanjar Putra universitas pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5938

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa dalam implementasi strategi pembelajaran Relating, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa dalam implementasi strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT) mengalami peningkatan karena siswa ikut berperan aktif dan berpartisipasi saat kegiatan pembelajaran serta terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-efficacy siswa, semakin tinggi self-efficacy siswa semakin besar pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah self-efficacy siswa semakin sulit dalam kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-29