PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP

Penulis

  • Nadia Hairul Nissa Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
  • Lilis Marlina Anggraini Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5343

Abstrak

ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini tergolong ke dalam penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil validitas dari pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini, model pengembangannya mengacu pada model pengembangan R&D yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan peneliti, dengan tahap-tahapannya yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu validasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dengan skala likert. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif. Tahap potensi dan masalah, peneliti melakukan analisis terhadap situasi pendidikan dan wawancara, lalu mengumpulkan data yang berkaitan dengan potensi dan masalah. Setelah itu peneliti merancang desain produk media pembelajaran. Hasil analisis validasi penelitian oleh tiga validator diperoleh rata-rata validasi media pembelajaran sebesar 82,87% yang tergolong kategori cukup valid. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android teruji valid.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., … & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aini, N., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 34-41.

Ariawan, R., & Wahyuni, A. (2020, July). The effect of applying TPS type cooperative learning model assisted by SPSS software on students’ skills in IT-based statistical data analysis course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1581, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.

Aulia, S., Zetriuslita, Z., Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205-214.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47-66.

Fazar, I., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra Berbantuan Android Di Sekolah Menenngah Atas. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika),9(1).

Hamdani, M. F., & Priatna, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SMP/MTs dan SMA/MA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2).

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357-367.

Pebrianto, S., Andasuryani, A., & Fahmy, K. (2020). Sistem Informasi Alat dan Mesin Pertanian Berbasis Aplikasi Android Di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 24(2), 98-106.

Sthephani, A., Hidayat, R., Hannula, M. S., & Saad, M. R. M. (2019, October). Students’ view of mathematics in general high school and vocational high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 3, p. 032079). IOP Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suripah, S. (2017). Mengembangkan Keterampilan mengajar Berbasis ICT Bagi Calon Guru Abad XXI.

Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 73-83.

Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 61-71.

Wulandari, D.A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang [Development of Android-Based Mobile Learning in Software Engineering Subjects at Sultan Trenggono High School, Semarang City]. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577-584.

Yensy,N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Statistik Matematika Melalui Media WhatsApp Grup Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74.

Zetriuslita, N., & Istikomah, E. (2021). The increasing self-efficacy and self-regulated through GeoGebra based teaching reviewed from initial mathematical ability (IMA) level. International Journal of Instruction, 14(1), 587-598.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-01