STUDI LITERATUR TENTANG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E DI SEKOLAH MENENGAH

STUDI LITERATUR TENTANG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E DI SEKOLAH MENENGAH

Penulis

  • Reza luisy octaviana universitas pasundan
  • Taufik Rahman Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4845

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan yang memberikan informasi tentang pembelajaran matematika pada sekolah menengah dengan model learning cycle 7e terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model learning cycle 7e; Teknik analisis data menggunakan teknik deduktif, teknik induktif, dan teknik interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan di sekolah menengah indikator paling rendah adalah memeriksa kembali jawaban karena siswa merasa jawabannya sudah benar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018, Mei). Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XISMA Putra Juang

Dalam Materi Peluang. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),

-153.

Amelia, Sindi (2012). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

(Studi Kuasi-Eksperimen Pada Salah Satu SMP NegeriDi Pekanbaru). Tesis

Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.

Anshori, M. I., Syaiful, & Sofyan, H. (2020). Pengaruh Learning Cycle 7E disertaiMind

Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari

Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 226-241.

Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019, Agustus). Pengaruh Model Eliciting Activities(Mea’s)

Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence

Siswa. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 95-104.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran

Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan

MIPA (pp. 553-558). Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018, September). Hubungan Self Confidence

Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 881-886.

Kurniawan, R., Putri, R. I., & Sunaryati. (2020, Juli). Pemecahan Masalah Matematis

Siswa Kelas VIII Menggunakan PMRI melalui LSLC pada Materi Gradien.

Jurnal Elemen, 6(2), 346-356.

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019, September). Pengaruh Penerapan Model

Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. Juring

(Journal for Research in Mathematics Learning, 2(3), 199-210.

Putra, H. D., Putri, W. A., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018, July ). Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME

(Supremum Journal of Mathematic Education, 2(2), 60-70.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self

Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SiswaSmk

Pada Materi Barisan Dan Deret. Aksioma, 7(2), 171-179.

Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan

Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal

Pendidikan Matematika, 12(1), 1-14.

Ruseffendi, E.T. (2006). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta

Lainnya. Bandung: Tarsito

Ruseffendi, ET. (1980). Pengajaran Matematika Modern, Bandung: Tarsito.

Sari, D. P., Putra, R. W., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis InteraktifTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal

Pendidikan Matematika, 12(2), 63-72.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisSiswa

Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan

Matematika, 148-152.

TIMSS. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill:TIMSS

& PIRLS International Study Center.

Wulandari, & Sinambela, N. (2017, Agustus). Hubungan Kepercayaan Diri (SelfConfidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan

Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif,

(2)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31