STUDI LITERATUR TENTANG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E DI SEKOLAH MENENGAH
STUDI LITERATUR TENTANG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E DI SEKOLAH MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4845Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan yang memberikan informasi tentang pembelajaran matematika pada sekolah menengah dengan model learning cycle 7e terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model learning cycle 7e; Teknik analisis data menggunakan teknik deduktif, teknik induktif, dan teknik interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan di sekolah menengah indikator paling rendah adalah memeriksa kembali jawaban karena siswa merasa jawabannya sudah benar.Unduhan
Referensi
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018, Mei). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XISMA Putra Juang
Dalam Materi Peluang. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),
-153.
Amelia, Sindi (2012). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
(Studi Kuasi-Eksperimen Pada Salah Satu SMP NegeriDi Pekanbaru). Tesis
Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Anshori, M. I., Syaiful, & Sofyan, H. (2020). Pengaruh Learning Cycle 7E disertaiMind
Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari
Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 226-241.
Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019, Agustus). Pengaruh Model Eliciting Activities(Mea’s)
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence
Siswa. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 95-104.
Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran
Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan
MIPA (pp. 553-558). Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018, September). Hubungan Self Confidence
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 881-886.
Kurniawan, R., Putri, R. I., & Sunaryati. (2020, Juli). Pemecahan Masalah Matematis
Siswa Kelas VIII Menggunakan PMRI melalui LSLC pada Materi Gradien.
Jurnal Elemen, 6(2), 346-356.
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019, September). Pengaruh Penerapan Model
Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Ditinjau Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. Juring
(Journal for Research in Mathematics Learning, 2(3), 199-210.
Putra, H. D., Putri, W. A., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018, July ). Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME
(Supremum Journal of Mathematic Education, 2(2), 60-70.
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self
Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SiswaSmk
Pada Materi Barisan Dan Deret. Aksioma, 7(2), 171-179.
Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan
Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal
Pendidikan Matematika, 12(1), 1-14.
Ruseffendi, E.T. (2006). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta
Lainnya. Bandung: Tarsito
Ruseffendi, ET. (1980). Pengajaran Matematika Modern, Bandung: Tarsito.
Sari, D. P., Putra, R. W., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis InteraktifTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal
Pendidikan Matematika, 12(2), 63-72.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisSiswa
Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan
Matematika, 148-152.
TIMSS. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill:TIMSS
& PIRLS International Study Center.
Wulandari, & Sinambela, N. (2017, Agustus). Hubungan Kepercayaan Diri (SelfConfidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan
Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif,
(2)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.