PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN MIND MAPPING

Penulis

  • Widia Siti Prayudi Universitas Pasundan
  • Taufik Rahman Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4055

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dalam kehidupan dan segala permasalahan yang ada di dalamnya dengan cara memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi. Untuk mencapai kemampuan berpikir kreatif matematis, diperlukanlah karakter yang kuat salah satunya adalah self-confidence. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence adalah dengan strategi pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dengan Mind Mapping. Strategi pembelajaran ini dikembangkan dari keterlibatan siswa dari proses berpikir setelah membaca, selanjutnya kegiatan diskusi  dan berbagi ide dengan teman sebayanya kemudian diungkapkan dalam tulisan atau rangkuman sesuai dengan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-Confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 15 Kota Bandung. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping  lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Self-Confidence, TTW, Mind Mapping

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amiawaty, A. (2016). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif serta kemandirian belajar matematis siswa SMP. Tesis Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Asri, I.G.A.A.S., Yuliasih, N. L., Wiyasa, I. (2015). Penerapan Mind Mapping dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN dan Sikap Spiritual pada Tema Cta-citaku Siswa Kelas IVA SD Negeri 24 Pemecutan. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD. Volume 3 No. 1 Firdaus, M. (2017). Penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik dan self-regulated learning siswa SMP. Skripsi Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dam soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Istianah, E. 2013. Infinity Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 34(2). 43-54. [Online]. Tersedia: http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/ article/view/23 (diakses pada tanggal 12 Desember 2018)

Kurniasi, E. R. 2012. Pengaruh pembelajaran matematika dengan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMA. Symmetry. 1(1). 61-71.

Suhendri, H. 2012. Pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 10 November 2012. [Online]. Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/8082/ (diakses pada tanggal 2 April 2019)

Munirah. (2015) Sistem pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna. 2(2). 233-245. [Online] Tersedia: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php /auladuna/article/view/879/849 (Diakses pada tanggal 15 Mei 2019)

Listiyani, E. & Kurniasih, N. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan representasi matematis dengan model pembelajaran TTW berbantuan pocket book. Ekuivalen. 24(1). 46-51. [Online] Tersedia: http://ejournal. umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3190/3002 (Diakses pada tanggal 15 Mei 2019)

Permendikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 20 Tahun 2016.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Standar Nasional Pendidikan nomor 32 Tahun 2013.

Purwanto, Budi. (2012). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) dan tipe think-pair-share (TPS) pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMA di kabupaten Madiun. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak diterbitkan

Ramadhan, Rizky. (2017). Pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self-confidence siswa SMA. Skripsi Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-01