PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

REACT: Berpikir Kreatif: Matematika

Penulis

  • Lamlam Patimah Universitas Putra Indonesia
  • Lia Saniah Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.3265

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan perbedaan antara siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (REACT) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Pasundan I Cianjur yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari 14 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan berpikir kreatif matematis, skala sikap, lembar observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu Uji-t (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menerapkan strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (REACT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-11