Systematic Literature Review : E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Penulis

  • Mira Utami Universitas PGRI Silampari
  • Rani Refianti Universitas PGRI Silampari
  • Maria Luthfiana Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.15859

Abstrak

Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan 1) Research Question; 2) Selection Criteria; 3) Search Strategy; 4) Select Studies; 5) The Quality Of Studies; dan 6) Synthesis Result. Pencarian artikel diperoleh dari Google Schoolar, Sinta, Scopus dan Garuda dengan menggunakan kata kunci E-LKPD, Liveworksheets, dan pemahaman konsep matematis. Artikel yang dikaji terdiri dari 10 artikel terindeks Sinta dan Scopus yang dipublikasi pada tahun 2020-2024. Tujuan dari mengkaji artikel ini adalah untuk menekankan pentingnya pengembangan bahan ajar yang mendukung pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Systematic Literature Review ini menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD Berbantuan Liveworksheets dinyatakan telah memenuhi uji kelayakan dari segi materi, media, serta hasil uji coba baik dalam kelompok kecil maupun besar. Sehingga E-LKPD ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, E-LKPD berbantuan Liveworksheets ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisa, R. N., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2021). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Aljabar”. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), hal 237.

Argarini, D.F. & Najibah, D. (2023). “Liveworksheets Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Primastika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), hal 221-231. https://doi.org/10.33503/primastika.v6i1.3412

Boaler, J., Brown, K., LaMar, T., Leshin, M., & Selbach-Allen, M. (2022). Infusing Mindset through Mathematical Problem Solving and Collaboration: Studying the Impact of a Short College Intervention. EDUCATION SCIENCES, 12(10).

Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. (2022). “Pengembangan LKPD Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang”. Rainstek, 4(1), hal 27-41.

Indriani, Sevina., Nuryadi., & Marhaeni, N.H. (2022). “Respon Peserta Didik Terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat”. Journal on Teacher Education, 3(2), hal 315-323.

Indriani, Sevina., Nuryadi., Marhaeni, N.H., & Kurniati, R.(2022). “Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), hal 3959-3966.

Lathifah, M.F., Hidayati, B.N., & Zulandri. (2021). “Efektifitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan”. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), hal 26-30.

Jelatu, S., Sariyasa, S., & Ardana, I. M. (2018). “Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts”. International Journal of Instruction, 11(4), 325- 336. https://doi.org/10.12973/iji.2018.114

Marlina,. (2022). “Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheets Pada Materi Permutasi Kombinasi”. Jornal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), hal 247- 258. https://doi.org/10.31539./joeai.v5i1.3636.

Meika, I., Sujana, A., & Umami, M.R. (2016). "Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik Dengan Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VIII SMP PLus Mathla'ul Anwar Cibuah". Symmetry. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1) hal 2548-2297.

Prayoga, D.A., Kartini., & Solfitri, T. (2022). “Rancangan E-LKPD Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTS”. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 5(4), 311-320. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.17570.

Rohmah, M. (2022). “Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan Siswa SMP”. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), hal 16-26.

Sari, Z.R., Hutapea, N.M., & Suanto, E. (2023). “Pengembangan E-LKS Liveworksheet melalui pendekatan Saintifik Berbasis masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), hal 837-848. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6475

Shalahuddin, M.H., & Hayuhantika, D. (2022). “Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Dengan Media Liveworksheets Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII.” Jurnal Tadris Matematika, 5(1), hal 71-86.

Triana, Neni.(2021).”LKPD Berbasis Eksperimen Tingkatkan Hasil Belajar Siswa.” DKI Jakarta: Guepedia.

Unaenah, E., Sulaiman, A.M.S., & Wardhana, F.P. (2023). “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika”. Seroja : Jornal Pendidikan, 2(4), hal 162-172. http://doi.org/10.572349/seroja.vi4.816.

Utari, D.R., Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T. (2019). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita”. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,, 3(4), hal 534-540.

Wirawan, D.O., Ermina, I., & Fauzi, A. (2023). “E-LKPD Berbasis HOTS Materi Pecahan Berbantu Liveworksheets Berorientasi Pada Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), hal 2011-2021.

Zalsabella, M.P., Maharani, S., & Darmadi. (2023) “Pengembangan E-LKPD Berbasis Diskursus Multi Representasi Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Abstrak”. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), hal 2807- 2820.

Zawacki-richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). “Sytematic Literature Review in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application.” Wiesbaden: Springer VS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-02