A ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH KELAS IV SD INPRES 29 KABUPATEN SORONG

Penulis

  • Azizah Fathanatul Madzkiyah Universitas Negeri Malang
  • Subanji Universitas Negeri Malang
  • Slamet Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.14361

Abstrak

Peserta didik, terutama pada tingkatan sekolah dasar sekolah dasar, harus memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi kemampuan peserta didik sekolah dasar untuk memecahkan masalah matematis dengan tahapan Teori Polya. Penelitian ini menggunakan jenis Triangulasi Bersamaan, yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif saat mengumpulkan data dan menganalisisnya. Wawancara dan tes tulis digunakan untuk mengumpulkan data. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Inpres 29 Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya dengan jumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih berada pada kategori rendah dengan rincian perolehan pemecahan masalah matematis pada kategori kategori tinggi 27,27% atau 6 peserta didik, kategori sedang 31,83% atau 7 peserta didik, dan kategori rendah 40,9% atau 9 peserta didik. Pada proses pembelajaran sangat dibutuhkan bahan ajar serta menyusun strategi dalam proses pembelajaran yang relevan dengan karakteristik, lingkungan serta kebutuhan untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriyani, A. (2018a). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Andriyani, A. (2018b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan GENDER. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40

Choirudin, C., Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Choirunnisa, A., & Maseleno, A. (2020). Developing Mathematical Students Worksheet Based On Islamic Values Using Contextual Approach. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(2), 152. https://doi.org/10.12928/ijeme.v3i2.13286

Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2).

Hafriani, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Hidayat, R., & Evendi, E. (2022). The Intervention of Mathematical Problem-Solving Model on the Systems of Linear Equation Material: Analysing its Impact on Increasing Students’ Creative Thinking. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i2.1069

Lubis, M. S. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Matematika. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Issue April).

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Moleong. (2019). Analisis data kualitatif. In Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah (Vol. 17, Issue 33).

Permendikbudristek, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2022).

Polya, g. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In Princeton University Press: United States of America (Vol. 2).

Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127–134. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269

Rianto, H., & Santoso, R. H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9055

Riyadi, R., Syarifah, T. J., & Nikmaturrohmah, P. (2021). Profile of Students’ Problem-Solving Skills Viewed from Polya’s Four-Steps Approach and Elementary School Students. European Journal of Educational Research, volume-10-2021(volume-10-issue-4-october-2021), 1625–1638. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1625

Sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Shah, K., Syarifuddin, A., Hamzah, A., & Handayani, T. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.799

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In ALFABET, cv.

Sutarto, H. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori,Pengembangan dan Implementasinya. In Jakarta : PT Raja Grafindo Persada (Vol. 15, Issue 7).

Syafri, M., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on the Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students, Kampar Regency. Journal of Educational Sciences, 4(2), 309. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.309-317

Thanheiser, E. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? Journal of Mathematical Behavior, 70. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-02