MOTIVASI SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)
MOTIVASI SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.14335Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Subang tahun ajaran 2023-2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,sampel yang diambil kelas VIII C sebanyak 34 siswa sebagai eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dan soal soal matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah non tes berupa angket. Angket dibagikan setelah dilakukan pembelajaran model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk mengetahui apakah motivasi siswa dalam belajar matematika dan mengisi soal-soal matematika meningkat. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Berdasarkan hasil data dalam penelitian ini menunjukan Motivasi terhadap siswa yang menunjukan minat terhadap pembelajaran matematika memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata 4,0. Motivasi belajar siswa terhadap strategi pembelajaran model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata 4,1. Motivasi belajar siswa terhadap kemampuan masalah matematika memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata 4,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dapat dijadikkan salah satu alternative dalam pembelajaran matematika yang bisa membangkitkan semang dan motivasi siswa.Unduhan
Referensi
Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, Rationale, And Techniques For Improving Student Motivation And Achievement In Mathematic and Science. Waco: CORD.https://www.ruangguru.com/blog/7-strategi-untuk-memotivasi-siswa-belajar-matematika
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2016)
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Oktaviani, I. (2017). Kreativitas guru dalam Memotivasi belajar Peserta Didik [Online].Tersedia:http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939 [16 Juli 2021]
Rohati. 2011. ”Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) di Sekolah Menengah Pertama”. Universitas Jambi, Volume 1, No 2 (hlm 61-73).
Uno, H. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Woolfolk Anita, Educa!tional Psychology, Active learning Edition, Yogyakarta
(Pustaka Pelajar, cetakan I, 2009).
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yuliati, L. (2008). Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Bandung: Universitas Negeri Malang.
Yuniawatika. 2011. “Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor 1, (hlm 105-119)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.