MOTIVASI SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)

MOTIVASI SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)

Penulis

  • Ika Sriyanti Universitas Mandiri Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.14335

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Subang  tahun ajaran 2023-2024. Pengambilan  sampel menggunakan teknik purposive sampling,sampel yang diambil kelas VIII C sebanyak 34 siswa  sebagai eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model  Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dan soal soal matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah non tes berupa angket. Angket dibagikan setelah dilakukan pembelajaran model  Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)   untuk mengetahui apakah  motivasi siswa dalam belajar matematika dan mengisi soal-soal matematika meningkat. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Berdasarkan hasil data dalam penelitian ini menunjukan Motivasi terhadap siswa yang menunjukan minat terhadap pembelajaran matematika  memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata 4,0.  Motivasi belajar siswa terhadap strategi pembelajaran model  Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)  memberikan hasil  positif dengan nilai rata-rata 4,1. Motivasi belajar siswa terhadap kemampuan masalah matematika  memberikan hasil  positif dengan nilai rata-rata 4,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model  Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT)  dapat dijadikkan salah satu alternative dalam pembelajaran matematika yang bisa membangkitkan semang dan motivasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, Rationale, And Techniques For Improving Student Motivation And Achievement In Mathematic and Science. Waco: CORD.https://www.ruangguru.com/blog/7-strategi-untuk-memotivasi-siswa-belajar-matematika

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2016)

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Oktaviani, I. (2017). Kreativitas guru dalam Memotivasi belajar Peserta Didik [Online].Tersedia:http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939 [16 Juli 2021]

Rohati. 2011. ”Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) di Sekolah Menengah Pertama”. Universitas Jambi, Volume 1, No 2 (hlm 61-73).

Uno, H. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Woolfolk Anita, Educa!tional Psychology, Active learning Edition, Yogyakarta

(Pustaka Pelajar, cetakan I, 2009).

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yuliati, L. (2008). Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Bandung: Universitas Negeri Malang.

Yuniawatika. 2011. “Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor 1, (hlm 105-119)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01