META ANALISIS META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13691Abstrak
Kemampuan penalaran matematis sangatlah penting bagi siswa karena dapat menyelesaikan permasalahan di semua aspek kehidupan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berpengaruh dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada jenjang SMP. Jenis penelitian ini berupa meta-analisis. Hasil analisis dari tujuh artikel diperoleh bahwa satu artikel memiliki effect size sedang dan enam artikel lainnya memiliki effect size tinggi. Selain itu diperoleh effect size gabungan dari tujuh artikel tersebut sebesar 1,46 yang tergolong tinggi. Mengacu hasil uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 15,831 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,966 sehingga rerata kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada yang tidak menerapkan model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dijadikan sebagai salah satu alternatif pada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya jenjang SMP.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.