META ANALISIS META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Yuni Frazwanti Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13691

Abstrak

Kemampuan penalaran matematis sangatlah penting bagi siswa karena dapat menyelesaikan permasalahan di semua aspek kehidupan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berpengaruh dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada jenjang SMP. Jenis penelitian ini berupa meta-analisis. Hasil analisis dari tujuh artikel diperoleh bahwa satu artikel memiliki effect size sedang dan enam artikel lainnya memiliki effect size tinggi. Selain itu diperoleh effect size gabungan dari tujuh artikel tersebut sebesar 1,46 yang tergolong tinggi. Mengacu hasil uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 15,831 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,966 sehingga rerata kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada yang tidak menerapkan model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dijadikan sebagai salah satu alternatif pada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya jenjang SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01